Skip to main content

TEH KENANGAN (Part I)


Dua tegukan teh hangat telah di nikmatinya malam itu. Dan rasanya masih sama, meski perlu waktu untuk enam tahun meneguknya lagi. Teh dengan bungkus bergambar sepasang lelaki dan perempuan mengacungkan ibu jarinya. Di seruputnya lagi teh hangat itu dan di biarkannya secangkir teh itu menggantung di ujung ibu jari dan jari telunjuk yang melingkar. Layar leptop masih kosong terpampang di depannya. Namun pikiran Beth tidak di sana. Selembar foto di genggamanya. Bibir Beth tersenyum.
“Aku menamainya teh kenangan”
“Kenapa?”
Beth hanya tersenyum. Matanya menatap kerimbunan pohon bambu yang bergoyang di tiup angin sore itu. Gemerisik daun-daunnya yang saling bergesekan sudah akrab di telinga Beth.
“Kenapa kamu menamainya dengan teh kenangan?”
Beth menoleh, menatap lelaki itu dengan senyum.
“Bukankah bungkus teh ini bergambar sepasang lelaki dan wanita yang mengacungkan ibu jarinya”
Sunyi, tak ada jawaban dari Beth. Kemudian di tariknya tangan Sam, lelaki itu menuju bawah rimbunan pohon bambu. Diambilnya kamera saku. Foto mereka berdua dengan senyuman  tersimpan di layar kamera saku.
“Aku akan menceritakanmu tentang teh kenangan ini suatu hari nanti.”
Sam hanya mengangguk dan bergegas pamit. Gemerisik daun-daun pohon bambu yang bergesekan menemani kesunyian Beth yang masih duduk menyesap teh kenangan itu hingga tak tersisa lagi.
###

Berita itu membuat Beth gusar. Membuat Beth harus menunda menyelesaikan laporan akhir bulan yang seharusnya selesai kemaren siang. Untung bossnya masih memberi tenggang waktu hingga besok sore. Dan malam ini jarum jam sudah menunjukkan angka dua. Namun mata Beth masih belum mau terpejam.
“Tidak bisa pulangkah?”. Beth tersenyum membacanya. Pesan dari Sam siang tadi. Untuk pertama kalinya Sam menanyakan kepulangannya sejak mereka lulus SMA ketika kemudian Beth memutuskan untuk kuliah di kota dan kemudian Beth mendapatkan pekerjaan di kota yang sama.
“Belum saatnya”
Sunyi, tidak ada balasan dari Sam. Mata Beth masih terpaku di layar samsungnya. Status Sam masih online dan pesan terakhir sudah terbaca oleh Sam.
“Aku ingin mendengar ceritamu tentang teh kenangan itu”.
Beth tersenyum membacanya.  Kemudian jemarinya mengetikkan kalimat balasan. “Aku akan menceritakannya di bawah rindang pohon bambu.”
Smile emoticon muncul di layar Samsung Beth. Namun justru kalimat selanjutnya yang membuat Beth gelisah malam ini.
Di bolak-balikkanya buku agenda kerjanya. Berharap ada celah yang tepat hingga Beth bisa memohon cuti mendadak. Beth ingin pulang dan menceritakan tentang teh kenangan kepada Sam meski ceritanya belum sempurna. (bersambung)

#ODOP hari ke 4


Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.