14
www.wiwid-nurwidayati.blogspot.com

BLOGWALKING 

Salah satu hal yang akan terus menyemangati seorang penulis untuk tetap aktif menulis adalah bergabung dengan komunitas yang anggotanya adalah sama-sam hobi menulis. Nah ODOP ini adalah komuitas yang  anggotanya mempunyai hobi yang sama yaitu menulis dan membaca. Tak perlu di lihat apakah dia seorang penulis pemula ataukah dia sudah penulis ahli dan banyak pengalaman. 

Jadi anggota ODOP harus hobi membaca juga ya? Iya lah, dengan membaca kelak akan banyak ide yang bermunculan dan akhirnya berbuah tulisan manis. Membaca tak harus dengan membaca buku. Kita bisa membaca  dengan mengamati lingkungan sekitar, Blog walking ataupun broswing. Mungkin saat perjalanan kita dari suatu tempat. Jauhkan HP dari mata kita, simpan di dalam tas kita rapat-rapat. Amati sekeliling kita, mungkin kita bisa mengajak ngobrol teman di sekitar kita. Dan dari sanalah kita bisa mendapatkan ide.

Salah satu kegiatan membaca dapat kita lakukan dengan Blogwalking. BlogWalking adalah kegiatan kita berjalan-jalan ke blog orang lain. BlogWalking ini juga salah satu cara agar kita bisa meningkatkan gaya kepenulisan kita, bisa menambah ilmu dan wawasan kita, memperbanyak teman karena kita membuka pintu silaturahiim meskipun lewat dunia maya dan tentunya semakin menambah semangat kita untuk memperbaiki kualitas tulisan kita.

Pengalaman Blogwalking di teman-teman komunitas ODOP adalah betapa tulisan mereka sangatlah bagus dan mengisnpirasi. Dari sanalah terkadang muncul ide, ide untuk menulis dan mempercantik Blog. dari sana juga banyak nspirasi dan pengetahuan. Ketika sang manager ODO sudah menentukan tema untuk salah satu hari di minggu itu, bila kita perhatikan sunggulah amazing.  Dari sekitar 40-50 blogger ODOP yang setor tulisan maka dari tema yang sama itu akan muncul tulisan yang berbeda-beda dengan gaya yang berbeda-beda pula. Hmmm very amazing.

Salah satu contoh ketika minggu ke tiga ini tantangannya adalah buku. Dari kegiatan Blogwalking ke blog teman-teman saya bisa mendapat tambahan ilmu dari ulasan buku yang mereka sukai. Dan hampir rata-rata buku-buku mereka belum saya miliki atau belum pernah saya baca. Walhasil list buku yang ingin saya miliki semakin panjang.

So Blogwalking sangatlah berguna untuk kita. Mungkin perlu mennyisihkan waktu minimal setengah jam sehari untuk Blogwalking ke sesama anggota ODOP atau pun ke Blog penulis-penulis yang sudah jadi. Niscaya kamu akan mendapatkan banyak ilmu. 

#ODOP weekend




Post a Comment

  1. Tinggalkan jejak, hehehe

    Semangat, ibu wiwid... :)

    ReplyDelete
  2. bener mb wiwid...ak jg kd pengen banyak beli buku berdasar referensi temen2..

    ReplyDelete
  3. bener mb wiwid...ak jg kd pengen banyak beli buku berdasar referensi temen2..

    ReplyDelete
  4. Sepakaat... betul sekali mba wid.. aku targetkan minimal BW 3 blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak..banyak inspirasi Dari tulisan teman2. Klo lg sibuk saga bisa be 20 an mb.klo nggak sibuk saya bw semua meski tak selalu meninggalkan jejak

      Delete
  5. it's true mbak : )
    Blogwalking ga hanya mnambah ilmu, tapi juga bbrp rekan ODOP punya artikel yg sgt inspirtf ^^

    ttp smngt mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Its true ..banyak kepala..banyak ide..banyak inspirasi

      Delete
  6. Iys mbk...wiwid...jadi dpt ilmu byk, terus nambah referensi...malah terkadang membuatku terinspirasi....

    ReplyDelete
  7. Dengan Blogwalking dari tidak kenal menjadi kenal dan dari yang tidak tahu jadi tahu

    ReplyDelete

 
Top