Skip to main content

MANFAAT BLOGWALKING (DI ODOP)

www.wiwid-nurwidayati.blogspot.com

BLOGWALKING 

Salah satu hal yang akan terus menyemangati seorang penulis untuk tetap aktif menulis adalah bergabung dengan komunitas yang anggotanya adalah sama-sam hobi menulis. Nah ODOP ini adalah komuitas yang  anggotanya mempunyai hobi yang sama yaitu menulis dan membaca. Tak perlu di lihat apakah dia seorang penulis pemula ataukah dia sudah penulis ahli dan banyak pengalaman. 

Jadi anggota ODOP harus hobi membaca juga ya? Iya lah, dengan membaca kelak akan banyak ide yang bermunculan dan akhirnya berbuah tulisan manis. Membaca tak harus dengan membaca buku. Kita bisa membaca  dengan mengamati lingkungan sekitar, Blog walking ataupun broswing. Mungkin saat perjalanan kita dari suatu tempat. Jauhkan HP dari mata kita, simpan di dalam tas kita rapat-rapat. Amati sekeliling kita, mungkin kita bisa mengajak ngobrol teman di sekitar kita. Dan dari sanalah kita bisa mendapatkan ide.

Salah satu kegiatan membaca dapat kita lakukan dengan Blogwalking. BlogWalking adalah kegiatan kita berjalan-jalan ke blog orang lain. BlogWalking ini juga salah satu cara agar kita bisa meningkatkan gaya kepenulisan kita, bisa menambah ilmu dan wawasan kita, memperbanyak teman karena kita membuka pintu silaturahiim meskipun lewat dunia maya dan tentunya semakin menambah semangat kita untuk memperbaiki kualitas tulisan kita.

Pengalaman Blogwalking di teman-teman komunitas ODOP adalah betapa tulisan mereka sangatlah bagus dan mengisnpirasi. Dari sanalah terkadang muncul ide, ide untuk menulis dan mempercantik Blog. dari sana juga banyak nspirasi dan pengetahuan. Ketika sang manager ODO sudah menentukan tema untuk salah satu hari di minggu itu, bila kita perhatikan sunggulah amazing.  Dari sekitar 40-50 blogger ODOP yang setor tulisan maka dari tema yang sama itu akan muncul tulisan yang berbeda-beda dengan gaya yang berbeda-beda pula. Hmmm very amazing.

Salah satu contoh ketika minggu ke tiga ini tantangannya adalah buku. Dari kegiatan Blogwalking ke blog teman-teman saya bisa mendapat tambahan ilmu dari ulasan buku yang mereka sukai. Dan hampir rata-rata buku-buku mereka belum saya miliki atau belum pernah saya baca. Walhasil list buku yang ingin saya miliki semakin panjang.

So Blogwalking sangatlah berguna untuk kita. Mungkin perlu mennyisihkan waktu minimal setengah jam sehari untuk Blogwalking ke sesama anggota ODOP atau pun ke Blog penulis-penulis yang sudah jadi. Niscaya kamu akan mendapatkan banyak ilmu. 

#ODOP weekend




Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.