Skip to main content

PERANG

google search

“Mas, Mas, tangi o tho. Kuwi lho ono perang baratha Yudho neh,” bojoku Tanti kami girapen nggugah turu awanku.

“Sopo sing perang eneh?” aku sing isik kriyip-kriyip tangi turu isik rung ngeh karo sing diomongne Tanti.

“Sopo neh Mas. Kuwi lho tonggo sebelah. Lah kae krungu barang pating krompyang. Koyone ono piring po gelas mabur kae Mas,” Tanti nyritakke kedadeane.

Aku ro Tanti meneng. Nyoba ngrungokne kahanan sebelah. Kupingku tak panjengke. Krungu suarane tonggo sebelah sing kami saut-sauten, bengak bengok, ning ra patio jelas suarane, krungu soko omahku.

“Ben, nengno ae Dik. Wis biasa to kuwi. Lha krungu ora masalahe ki opo?” aku takon karo Tanti sing praupan raine sajak sepaneng.

“Lah yo ra ngerti mas. Wong aku bar ko warung, tuku kopi ki lho. Mung krungu pating klemotheng, pating grombyang soko omah sebelah kui Mas,” jawabe Tanti rodho bingung.

“Ning mesakne anake kae lho Mas. Kae lho do nangis kekejer, sajake keweden. Piye iki Mas?” sambunge Tanti njaluk pertimbanganku. Aku ro Tanti memang manten anyar nembe setahun luwih. Durung diparingi momongan karo Sing Nggawe Urip. Makane Tanti pun tresno karo anake Yu siti lan Mas Marno sing lagi perang kuwi. Tanti ra pernah tego krungu cah cilik nangis, opo neh saiki rasane koyo nangis kekejer sebab keweden.

Aku nyoba nginguk ngarepan.  Neng ngarepan jebule wis akeh tonggo sing kumpul. Maklum panggonku iki kawasan omah kontrakan padet. Rasane nek ono sing mbengok sithik wae mesti krungu. Ning mung dho podho umik-umik. Ora ono sing wani misah perange Yu siti karo bojone. Biasa, mung dho ndeleng lan ngko mesti dadi crito anyar sing dadi viral.


Aku bali mlebu omah meneh. Praupane Tanti ketok nek bingung tenan. Sakjane aku wis pernah nduwe pengalaman elek misah Yu Siti karo Kang Marno kuwi. Pernah kebalang piring, ngenani sirahku. Yo uwis getihe moncrot-moncrot, kudu ndadak di gowo neng UGD puskesmas. Mulih-mulih sirahku wis jahitan enem.

“Yo uwis yo Dik. Awake dhewe marani pak RT ae po?” usulku karo Tanti. Tanti mung manthuk.

“Mesakne tenan anake Mas, nek weruh wongtuane pad uterus koyo ngono kui,” ujare Tanti pas aku ro dheweke mlaku nang omahe Pak RT. Aku mung meneng, neng ati mung mbenerke omongane Tanti. Sakjane yo nggumun, lha kok sering banget sih perang. Dadi mikir pengin pindah nek suk aku wis diparingi momongan.

Tekan omahe Pak RT ndilalah Pak RT yo wis krungu kabar kui. Wis siap-siap nengahi perang. Ra perlu basa-basi, aku, Pak RT lan Tanti ndang cepet-cepet moro neng sebelah omahku.

Tekan omahe Yu Siti, koyone perange wis rodho lerem. Tanti ndang nyekel Wahyu, anake yu siti sing isik nangis kekejer nang mburi lawang. Langsung di gowo mlayu embuh nang ndi, mungkin neng warung ngarep komplek kono.

“Ono opo niki e Mas Marno?” pak RT nyoba mbukak dalan rembugan.

Kang Marno meneng. Yu Siti meneng.

“Onten nopo niki?” Pak RT nyoba takon neh nggo boso sing luwih alus.

“Niku Pak, bojo kulo niku ra pinter mblanjakke duwit. Lha wis ngerti aku lagi cuntel duwit ngene iki lha kok malah lenjeh,” Kang Marno crito nganggo emosi.

“Alah dasare kowe uwi yo pak, mlarat, mosok duwit mung nggo tuku beras we ora nduwe,” Yu Siti njawab ora pengin kalah.

“Dudu aku yo bu sing ra nduwe duit. Memang duitku ra akeh. Tapi kan wis tak wenehi duwit blonjo dino iki tho? Lha salahmu dewe tok nggo tuku pulsa internet. La penting endi pulsa internet karo beras,” Kang Marno ora pengin kalah.

Atine Yu siti koyo kobong. Yu siti ora kepingin ketinggalan jaman. Pengin exist neng sosmed.  Ben nek pas kumpul-kumpul karo ibu-ibu liyane ora ketinggalan jaman.

“Sampun Mas Marno kalih Yu Siti. Ingkang rukun kemawon nggih. Mesakne niku wayahe. Lah njenegan butuh duit ngge tumbas beras? Niki kulo paring. Ning sing rukun kemawon nggih,” Pak RT ngleremi karo ngulungne duwit biru, seket ewuan.

“Ampun perang malih nggih, mboten tumon nek pun omah-omah perange kados ngoten. Nopo mboten rumaos wirang kalih tonggo teparo?”

“Nggih pak RT, kulo kalih bojo kulo nyuwun ngapunten nggih,” Kang Marno ngomong karo nyalami pak RT.

Pak RT mung manggut-manggut.

“Kowe bu, maturnuwun ro pak RT. Ojo nggo tuku pulsa internet neh duwit kuwi,” Kang Marno ngomong ro Yu siti sing mung meneng wae.


Karo mlaku mulih aku mung mikir, lha nek ono wargame pak RT sing perang pendak ndino amargo masalah duit, rak yo iso tekor pak RT.

#critobosojowo #cerita dalam bahasa jawa


Terjemahan: PERANG Versi B Indonesia.


“Mas bangunlah Mas. Itu ada perang baratha Yudha lagi,” Tanti istriku dengan sedikit ketakutak membangunkan tidur siangku.

“Siapa Yang perang lagi?” aku yang baru bangun tidur dengan mata yang belum terbuka sempurna masih tidak nyambung dengan apa yang Tanti katakan.

“Siapa lagi Mas, kalau bukan tetangga sebelah kita. Coba dengarkan, suara barang berderai seperti habis di banting. Pasti ada piring atau gelas yang melayang,” Tanti mencoba menjelaskan keadaan.

Aku dan Tanti terdiam. Mencoba mendengarkan dengan seksama. Telingaku ku tajamkan. Dari sebelah terdengar suara saling bersahut-sahutan, saling berteriak, hanya saja tidak terdengar jelas apa yang mereka ucapkan.

“Sudahlah Dik, biarkan saja. Sudah biasa kan mereka seperti itu. Lha tahu tidak, ada masalah apa sebenarnya?” aku bertanya kepada Tanti yang wajahnya terlihat tegang.
“Saya nggak tahu Mas. Tadi aku dari warung, beli kopi ini. lha kok terdengar suara seperti barang yang di banting, pecah berderai dari sebelah tu Mas,” tanti menjawab dengan wajah terlihat bingung.

“Tapi kasihan anaknya Mas. Coba dengarkan, tangisannnya meraung. Seperti ketakutan. Bagaimana ini Mas?” tanya Tanti meminta pertimbanganku. Aku dan Tanti adalah pengantin baru. Hingga saat ini Allah belum berkenan menitipkan anak kepada kami. Makanya Tantipun merasa sayang terhadap anaknya Yu Siti dan Kang marno yang sedang berkelahi itu. Tanti tidak pernah tega mendengar anak kecil menangis, terlebih tangisannya seperti sekarang ini, tangisan penuh ketakutan.

Aku coba keluar rumah. Di halaman ternyata sudah banyak tetangga yang berkumpul. Maklumlah kawasan kontrakan padat. Sepertinya jika ada tetangga yang berteriak, pasti semuanya akan bisa mendengar. Namun kulihat mereka hanya berbisik-bisik. Tidak ada yang berani memisahkan perang Yu Siti dan Kang Marno. Biasalah, mereka hanya melihat dan kemudian nanti akan menjadi kisah baru dan akhirnya menjadi berita viral.
Aku kembali masuk rumah. Wajah Tanti terlihat pias. Sebenarnya aku punya pengalaman buruk memisahkan perang antara Yu Siti dan Kang Marno ini. sebuah piring kaca pernah terlempar mengenai kepalaku. Darahnya mengalir deras dan akhirnya aku harus dilarikan ke UGD puskesmas. Dan ketika pulang 6 jahitan menghiasi kepalaku.

“Ya sudah Dik, kita ke rumah Pak RT saja,” usulku kepada Tanti. Tanti hanya mengangguk.

“Kasihan Mas anaknya, kalau lihat orangtuanya berkelahi terus seperti itu,” ucap tanti saat kita berjalan berdua menuju rumah Pak RT. Aku hanya terdiam, namun dalam hati membenarkan ucapannya. Sebenarnya juga merasa heran, kenapa sih sering banget berkelahi. Jadi kepikiran ingin pindah kontrakan jika kelak kami sudah diberi momongan.
Sampai di rumah Pak RT, ternyata Pak RT sudah mendengar berita tersebut. Beliau sudah siap-siap melerai perkelahian antara Yu Siti dan Kang Marno. Tanpa basa-basi lagi aku, Tanti dan Pak RT bergegas menuju sebelah rumahku.

Sesampainya disana. Sepertinya sedang terjadi perang dingin. Tanti segera menggendong Wahyu yang sednag menagis ketakutan di belakang pintu. Segera di bawa berlari keluar, entah kemana. Mungkin ke warung di depan komplek sana.

“Ada apa ini Mas Marno?” tanya Pak RT mencoba membuka musyawarah.

Kang Marno terdiam, Yu siti pun terdiam.

“Ada apa ini Mas Marno?” tanya Pak Rt dengan nada lebih lembut.

“Itu Pak, istri saya tidak pandai membelanjakan uang. Sudah tahu duit saya mepet, lha kok dia malah foya-foya,” Ujar Kang Marno kesal.

“Alah, dasarnya nggak punya duit pun. Masak, duit untuk beli beras saja tidak punya,” Yu Siti menjawab dengan sengit.

“Bukan aku ya Bu, yang tidak punya duit. Memang duitku tidak banyak. Tapi kan sudah kukasih uang belanja, kan? Lha salahmu sendiri uang belanja kamu pakai untuk beli pulsa internet. Mana penting beras disbanding pulsa internet” kata Kang Marno sembari membela diri.

Hati Yu siti semakin memanas. Yu siti sebenarnya tiak ingin ketinggalan jaman. Dia ingin eksis di media sosial. Biar jika sedang berkumpul dengan ibu-ibu lainya dia terlihat up to date.

“Jangan berkelahi lagi ya mas Marno dan Yu Siti. Yang rukun-rukun saja. Kasihan tuh anaknya. Lha kalian butuh duit untuk beli beras? Ini ada sedikit yang bisa saya kasih,” ucap pak RT sambil menyerahkan duit berwarna biru, limapuluhan ribu.

“Jangan berkelahi lagi. Nggak baik sudah berumahtangga berkelahinya seperti ini. apa tidak merasa malu sama tetangga?”

“Ya Pak, kami minta maaf ya pak,” Kang marno berbicara sama Pak RT sambil menyalaminya.

Pak Rt hanya mengangguk angguk.

“Kamu bu. Bilang terimakasih sama Pak RT. Jangan di pakai lagi uang itu utnuk beli pulsa internet,” Kang Marno mencoba menasehati istrinya yang terdiam saja.


Sambil berjalan pulang aku berfikir, seandainya tiap hari ada warga Pak Rt yang bertengkar karena uang, bisa bangkrut Pak RT. (End) 

Comments

  1. Mba.. aku penasaran sama judulmu.. aku klik lalu pas blog-mu muncul, mulutku langsung ternganga.. tercengang. #EdisiGagalRoaming
    Hahaha

    ReplyDelete
  2. Wah. Jebule Mbak Wiwid pinter nulis basa Jawa.Elok tenan. Critane apik.

    ReplyDelete
  3. Aku nggak tahu artinya sama sekali.

    ReplyDelete
  4. Duh, bund... Kereenn... Pasti nek aku yg nulis binging, hhhaaa....

    Ra njawani blasss....

    ReplyDelete
  5. Wkwkkwkkkwkkwkw...
    Oalah yu siti... Yu siti... Ra mesakkepak Rt nek perang

    ReplyDelete
  6. Jian apik tenan lakone. Mesem guyu aku bar moco.

    ReplyDelete
  7. Jan suiipp, Mbak Wid. Aku seneng moco critane (dudu perange, lho!). Iso nggawe bungah atiku e, njur iso ngobati kangenku karo crito seng nggawe Boso Jowo. Dadi eling majalah Penjebar Semangat ngene iki hehe

    ReplyDelete
  8. Tak wenehi jempol loro mbak Wid. Uapek tenan lho. Aku dadi Sinau boso jowo meneh Iki.

    ReplyDelete
  9. Dadi kelingan majalah basa jawaku..

    ReplyDelete
  10. sae bun Wid. kepingin perang supoyo angsal seket ewunan #Eh

    ReplyDelete
  11. kalo tiap hari tengkar mending bubar.. ahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha, jalan terbaik, ya, ka Ran.

      Bun wid, Ainayya dah baca, ahihi
      Keren, bun... Luar biasa

      Delete
  12. kereen mbak. tau di awah ada terjemahan mah, sy mau langsung loncat haha dari awal bnyk kalimat yg a ngerti soale. huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini belajar mbak, sebagai orang jawa bisa nggak ya nulis menggunakan bahasa jawa

      Delete
  13. Baru kali ini saya baca artikel basa jawa mbak..hehehe..unik...juga kisahny mnginspirasi

    ReplyDelete
  14. ahahaha (ala uncle ik)
    kompor gas mba wid

    ReplyDelete
  15. Pas baca rada lieur mb wid. Ga ngrti artinya. Pas scroll trs kebwah ada translate nya, alhamdulillah. Keren deh mba wid

    ReplyDelete
  16. Wah saya jadi punya ide mau nulis tentang pak RT

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

sumber:www.bbc.co.uk I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal. Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya. Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat

Mengulas Cerpen Penguburan Kembali Sitaresmi

sumber:www.weknowyourdreams.com Cerpen karya penulis ternama Triyanto Triwikromo ini bercerita tentang salah satu cuplikan kejadian di tahun 1965. Tentang pembantaian para wanita yang dituduh sebagai anggota Gerwani (salah satu gerakan wanita milik PKI) Cerpen ini berkisah dari sudut pandang seorang saksi yang melihat kejadian pembantaian 24 wanita yang dituduh sebagai Gerwani yang juga di sebut sebagai pembantaian di Bukit Mangkang.   Kecuali jika aku menjadi saksi pembantaian itu bukan? Kurasa akulah satu-satunya saksi yang masih hidup. Waktu peristiwa itu terjadi aku berusia 17 tahun dan pandanganku—meski terhalang hujan yang turun terus-menerus—masih sangat waras. Aku masih remaja penasaran dan ingin tahu segala yang terjadi. Meskipun menyaksikan dengan gemetar, aku masih bisa membedakan siapa yang ditembak, siapa yang menembak. Aku masih bisa memergoki beberapa jip dan truk yang mengusung perempuan-perempuan malang yang hendak dibantai di tengah hutan, masih bisa m

Selamat Tinggal

www.pinterest.com “Jadi kau benar-benar akan meninggalkanku? Kau sungguh tega?” suaramu sungguh terdengar kacau. Hatiku pedih. Rambut hitam lurusmu yang mulai menutupi leher terlihat acak-acakan. Namun, wajahmu masih terlihat tampan, meski sendu memenuhi setiap garis-garis wajahmu. Kauusap wajahmu kemudian memandangku yang terdiam dengan tajam. Aku menunduk, mencoba mengalihkan tatapan elangmu yang kini mungkin terlihat sedikit layu. Aku masih terdiam, sunyi di antara kita. Aku sudah bulat dengan keputusanku ini. Meski aku menyayangimu, sungguh, keputusan ini harus kuambil. Aku mungkin terlihat bodoh, meninggalkan semua kenyamanan ini dengan alasan yang “tidak masuk akal.” Namun, aku adalah aku. Tak akan kuijinkan oranglain mengontrol hidupku seolah-olah tidak bisa hidup tanpanya. “Baiklah, kalau kaumemang sudah memutuskan itu. Aku bisa apa. Meski katamu kau menyayangiku.” Suaranya terdengar parau. Tangan kanannya mengaduk-aduk secawan es campur, menyendoknya perlahan,