4
Tulisan bang Syaiha Klik Disini , seperti palu menghantam kepalaku. Kok bisa? Dialog di bawah ini jawabannya:
A       : “Apa hobimu? Apa cita-citamu kelak?
Saya : “Hobi saya menulis dan membaca. Dan cita-cita saya kelak menjadi penulis yang karya-karyanya menginspirasi pembaca dan para pencinta buku”
A       : “Jadi untuk mencapai cita-citamu, apa yang kamu lakukan sekarang?”
Saya  :” Ya saya menulislah”
A        : “Berapa menit waktu yang kau habiskan untuk menulis atau membaca dalam sehari? Apakah kamu selalu konsisten menjaga jadwal menulismu setiap hari sesibuk apapun”
Saya : Merenung dan terdiam lama.

Dari pertanyaan terakhir saya sendiri justru kesulitan menjawab. Padahal cita-cita itu saya sendiri yang mengukirnya dan saya sendiri lah yang seharusnya berusaha meraihnya. Dan salah satu syaratnya adalah konsisten menulis setiap hari.

Dikomunitas ODOP sendiri diwajibkan untuk menulis setiap hari, meski begitu peraturan masih memberikan kelonggaran untuk membayar hutang postingan jika hari tersebut tidak sempat untuk menulis dan memposting tulisan di Blog. Terkadang hati sering berkata, ah besok masih bisa di posting dan lunaslah hutang tulisan.

Saya pernah membaca salah satu syarat untuk menjadi penulis hebat itu yaitu harus membiasakan diri dan mempunyai jadwal rutin menulis setiap hari, entah hanya 30 menit apapun keadaannya. Yang penting konsisten di lakukan setiap hari.

Kemudian saya instropeksi kepada diri, untuk menulis dan memposting diblog setiap hari saja saya masih kewalahan, padahal syaratnya mudah. Minimal sepuluh kalimat postingan. Jadi bagaimana saya akan menulis sebuah buku yang mungkin di butuhkan paling tidak sekitar 50 lebih lembar halaman? Apakah terlalu jauh impian saya? Sebenarnya tidak, saya hanya harus mendisiplinkan diri untuk menulis. Juga mendisiplinkan diri untuk membaca, agar tulisan saya semakin baik. Diksi-diksi kalimatnya juga menarik dan tentunya menginspirasi pembaca.


Jadi motivasi saat ini yang tepat adalah mendisiplinkan diri untuk menulis setiap hari, banyak membaca, dan menyisihkan pengeluaran untuk membeli buku.

#ODOP menulis setiap hari

Post a Comment

  1. Jadi motivasi saat ini yang tepat adalah mendisiplinkan diri untuk menulis setiap hari, banyak membaca, dan menyisihkan pengeluaran untuk membeli buku"-setujuuu banget^^
    tetap semangat yaa mbak,:))

    ReplyDelete

 
Top