Skip to main content

PRAMEKS:ANTARA SOLO - LEMPUYANGAN

Sumber : Google

SOLO - LEMPUYANGAN : KENANGAN AKAN PERSAHABATAN

Sebagai orang Jogja - Solo dan sekitarnya seharusnya tidak asing lagi dengan Prameks (Prambanan Ekspress). Kereta api tujuan Jogja solo, kereta yang sangat nyaman di bandingkan jika kita naik bus Jogja solo atau pun sebaliknya. 

Pada Bulan Mei 2015 tahun yang lalu saya untuk pertama kalinya menggunakan jasa kereta api Prameks. Saat itu saya ada janji temu dengan sahabat yang sudah lama tidak bertemu 15 tahun lamanya. Rencana awal sebenarnya beliaulah yang akan bermain ke rumah saya di Jogja. Kebetulan waktu yang telah di sepakati beliaunya tidak bisa memenuhi janji temu di rumah saya karena tenyata anak bungsunya harus di rawat di rumah sakit karena DBD. Akhirnya saya putuskan untuk menjenguk anaknya yang di rawat di salah satu Rumah sakit Ibu dan anak di Solo. 

Jam 7 pagi saya berangkat dari rumah dengan naik bus jurusan Jogja Surabaya. Namun saya tidak turun di Surabaya lho, saya berhenti di terminal Tirtonadi Solo setelah lebih dari 2 jam perjalanan. Terminal waktu itu masih dalam tahap perbaikan. Saya waktu itu kebingungan mencari jalan keluar dari terminal Tirtonadi tersebut. Namun akhirnya bisa keluar dengan selamat dari terminal Tirtonadi melewati deretan bus-bus besar yang akan menuju Surabaya.


Kami melanjutkan perjalanan menuju Rumah Sakit tempat anak sahabat saya tersebut di rawat, sambil melepaskan sejenak rasa rindu dengan bercerita pendek tentang keadaan kami beberapa waktu ini sepanjang perjalanan.
Sumber : Google
Karena takut kesorean saya berpamitan dengan sahabat saya untuk kembali ke Jogja, dengan janji jika kelak saya kembali pulang ke Jogja akan diulang pertemuan itu lagi. Atas saran sahabat saya, saya memutuskan naik Prameks. Dan kebetulan Rumah sakit tempat Anak sahabat saya opname,  dekat dengan Stasiun Balapan Solo. Saya menolak di antar naik mobil sahabat saya tersebut dari rumah sakit menuju Stasiun Balapn Solo. "Saya ingin berjalan kaki saja" begitu kata saya kepadanya.Sahabat saya mengalah, dan mengantar saya menuju Stasiun Balapan Solo.

Dan ternyata memang benar, stasiun nya tidak jauh dari rumah sakit. Sepanjang perjalanan yang hanya sekitar 10 menit itu kami isi dengan ceritsa-cerita yang menggembirakan. Bahkan ketika sudah memasuki jalur menuju gerbong KA, saya berhenti untuk menyelesaikan cerita yang belum usai. Hingga penjaga loket dan penjaga tiket memandang kami dengan sorot mata heran.

Sumber:google.com
Kemudian saya memasuki Kereta api Prameks. Tidak begitu penuh. Masih banyak bangku kosong yang belum terisi. Dalamnya yang rapi dan bersih , jauh dari pikiran saya akan kereta api kelas ekonomi yang pernah saya naiki beberapa waktu sebelumnya. Tiket Prameks ini murah sodara-sodara, hanya 7 ribu. Setengah harga dari harga tiket Bus yang 15 ribu. Saya memilih kursi dekat dengan jendela. Memandang keluar dan sawah membentang sepanjang perjalanan. Namun perjalanan kali ini terasa begitu cepat. Hingga setelah  4 statsiun terlewati sampailah saya di stasiun Lempuyangan. 

Suatu hari nanti ingin bernostalgia dengan Prameks lagi. Semoga masih ada waktu.

#ODOP 16 March'16








Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.