Skip to main content

NOVEL KENANGAN Bag 2

www.kobowritinglife.com

19 Maret 2016
Lelaki itu selalu datang di akhir minggu. Selalu memesan menu yang sama. Ah tidak, kemaren lelaki itu memesan minum jeruk hangat. Meski sebenarnya menu itu tidak ada di coffee, namun para pelayan dengan sigap membuatkan untuknya. Karena lelaki itu Customer special Coffeebook Lovato. Punggung lelaki itu terguncang dari kejauhan, tangan kanannya menutup mulutnya dengan sapu tangan. Sepertinya lelaki itu sedang terbatuk-batuk. Oh itu mungkin mengapa dia hanya memesan minum jeruk hangat.

Ketika pramusaji menyajikan minumannya. Secarik kertas di ulurkannya kepadanya, sambil menggumamkan sesuatu. Sang pramusaji itu menatap secarik kertas yang di ulurkan lelaki itu, kemudian mengangguk dan beranjak pergi.

Novel yang di baca lelaki itu masih sama, Novel bersampul biru. Dan lelaki itu beranjak pergi ketika jam mengharuskan café di tutup dan beribu kata maaf selalu terucap darinya.


15 Januari 2011
“Aku harus pergi, mencari peruntunganku. Aku ingin sekolah tinggi sepertimu juga meneruskan usaha yang sudah di rintis orang tuaku,” ucapmu di suatu senja. Selalu senja yang gerimis.

Aku terdiam. Aku bukan tidak mengenal dirimu. Kamu seorang yang ulet, pantang menyerah. Itu sebabnya aku kagum padamu. Namun kalimatmu tersebut mengisyaratkan suatu perpisahan.

“Kenapa tiba-tiba memutuskan itu?” tanyaku meminta penjelasanmu. “Bukankah kita punya cita-cita bersama? Atau jika tidak, mulailah mimpi yang pernah kita ukir biar kau tetap disini,” kalimatku tidak berhenti seolah menghalangi hatimu agar tidak pergi meinggalkan mimpi kita.

“Aku sebenarnya iri kepadamu. Kamu bisa bekerja dengan posisi yang lumayan dan juga masih sempat menyisihkan waktu untuk kuliah. Aku ingin sejajar denganmu,” jawabmu tanpa ragu.

“Aku tak pernah membandingkan dirimu. Aku menyukai dirimu seperti itu adanya. Kamu punya potensi lain yang tidak dimiliki lelaki lain,” aku mencoba meyakinkanmu.

“Aku akan menjemputmu ketika kamu sudah selesai kuliah”. Kata singkatmu yang akhirnya membuat kita tidak berdebat soal keinginanmu pergi, hingga kamu benar-benar pergi dariku.

Aku tertegun, namun sedetik kemudian aku tersenyum. Aku pun yakin padamu. Kamu tidak akan berpaling. Kamu selalu menepati janji. Aku hanya tersenyum, dan untaian kata penyemangat aku ucapkan untukmu hingga aku melupakan bahwa perpisahan denganmu sedang berada di ambang mata.

 Aku mengantarkan kepergianmu. Entah mengapa tiada airmata yang mengalir di pipiku. Aku hanya terpaku, seolah ini hanya mimpi tidurku. Hingga ketika burung besi yang akan membawamu kekota kelahiranmu tidak tampak lagi di mataku, hatiku barulah sepi. Airmataku menitik perlahan.


Dua belas purnama, surat-surat romantismu selalu hadir di hadapanku. Isi suratmu tidak pernah lupa menanyakan Novel kenangan kita. Aku selalu tersenyum. Draft tulisan tetang novel itu masih tersimpan disalah satu folder laptopku. Seratus dua puluh halaman kini.  Aku belum ingin menyelesaikannya. Karena kenangan bersamamu selalu ada.

bersambung

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.