Skip to main content

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA


Koleksi pribadi


Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa
Penulis            : Asma Nadia, dkk
Penerbit         : Asma Nadia Publishing House
Kategori         : Kumcer dewasa
ISBN                : 978-602-9055-45-0
Harga             : Rp. 70.000
Tebal              : 243 halaman
Cetakan I       : June 2016

Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.

Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.

Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.


Seperti biasa ciri khas buku-buku Asma nadia yang selalu menampilkan cinta yang luar biasa dan di sampaikan degan ringan dan lembut sehingga membacanya kita seolah-olah akan bisa merasakan peristiwa yang dialami dalam cerita tersebut. Cerita-cerita di dalamnya membuat saya trenyuh dan berkaca.

Cerpen karya Asma nadia yang berjudul Cinta laki-laki biasa ini bercerita tentang seorang gadis dengan kualifikasi nyaris sempurna. Nania dari keluarga berada, smart, cantik dan pekerjaan dengan gaji yang tidak biasa. menjatuhkan pilihan hidupnya kepada seorang Rafli yang “hanya” laki-laki biasa, berpenampilan biasa, dengan pekerjaan dan gaji yang amat sangat biasa.

Ketika meahirkan anak ketiga, ternyata Nania kemudian mengalami kelumpuhan. Namun Rafli tetap setia mendampingi Nania dan selalu membuatnya Nania di cintai.

Kemudian dalam cerpen 30 menitnya Isa alamsyah, bercerita bagaimana 30 menit keterlambatan kedatangan seorang sopir bisa mengubah hidup keluarga majikannya. Membuat anak perempuan majikannya menanggung depresi, perusahaan yang bangkrut dan bahkan majikannya harus mendekam di penjara? Kenapa 30 menit itu sangat berharga?

Kemudian Cerpen berjudul Lirih karya mbak Wiwik Waluyo. Jika sebuah cerita dengan tema seseorang wanita bertemu cinta lamanya sedangkan wanita itu sudah menikah, kemudian mereka menjalin asmara lagi itu mungkin sudah biasa. Namun beda dengan cerpen lirih ini.

Di ceritakan seorang Riani, di pertemukan lagi dengan seseorang di masa lalunya. Bahkan mungkin rasa cinta terhadap Bastian, lelaki di masa lalunya itu ternyata tidak berubah meski sudah sekian tahun berlalu. Perhatian-erhatian dari sosok Bastian lewat SMS membuat hati Riani luruh. Perhatian-perhatian yang sebenarnya ingin dia dapatkan dari suaminya sendiri, Wim.

Riani semakin terkejut bahwa di kemudian hari seorang anak asuhnya menikah dengan anak asuh Bastian. Anak asuh yang dia biayai dari uang sedekah, uang sedekah sebagai penebus dosanya setip dia mengingat Bastian. Dan ternyata Bastian pun melakukan hal yang sama seperti Riani. Bahwa ternyata takdir justru menyatukan ”anak-anak” mereka dari jalan penebus dosa dari cinta yang tidak bisa mereka hentikan.

Masih ada 15 lagi judul cerpen di dalam buku ini, antara lain Badrun Jadi batu ( Seto Permada), Melihat Cinta (Novia Syahidah), Lelaki Mamak ( S. Prawiro), Napas Cinta ( Vera Mutiarasani), Tawa Mataharimu Tertunda (Kang Dana), Anak seribu Pulau ( E.Rokajat Asura), Bapak Akan Pulang (Richie Permana Ardiansyah), Suatu Senja di Alun-alun kota (Sutono Adiwerna), Batu Cinta (Yosep Rustandi), Telur Dadar (Dhita H.C), Pemusnah Luka (S.Gegge Mappanggewa), Mata yang bicara cinta (Taufan E Prast), lelaki Canggung bernama Dib( Nadya Sangtimur), Bundaku (Wulan Mardiana),Kamu adalah Surgaku (Aby A Izzudin).


Kesemua cerpen itu di tulis dengan gaya bahasa yang memikat dan terlahir dari ide yang unik. Dan mungkin perlu menyiapkan tissue untuk menghapus air mata yang mungkin menetes setelah membaca cerpen-cerpen di dalam buku ini.

Comments

  1. Review nya lengkap mb wid..
    Sip!

    ReplyDelete
  2. Review nya lengkap mb wid..
    Sip!

    ReplyDelete
  3. Aku udah baca ceritanya. Kata Mbak Asma, ceritanya terinspirasi dari kisah nyata. Gak sabar nunggu filmnya.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Pengen baca kisah cerpen yang lirih. Bagus nih kayannya mba wid

      Delete
    2. ayo baca, mba Rika. insyaallah, menginspirasi :)

      Delete
  5. Ihh aku juga jadi mupeng..😍😍😍

    ReplyDelete
  6. taufan e prast dulu sering dengar. wiro sama Richie ada disitu juga. keren

    ReplyDelete
  7. mks udah nulis reviewnya mb Wiwid :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

sumber:www.bbc.co.uk I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal. Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya. Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat

Mengulas Cerpen Penguburan Kembali Sitaresmi

sumber:www.weknowyourdreams.com Cerpen karya penulis ternama Triyanto Triwikromo ini bercerita tentang salah satu cuplikan kejadian di tahun 1965. Tentang pembantaian para wanita yang dituduh sebagai anggota Gerwani (salah satu gerakan wanita milik PKI) Cerpen ini berkisah dari sudut pandang seorang saksi yang melihat kejadian pembantaian 24 wanita yang dituduh sebagai Gerwani yang juga di sebut sebagai pembantaian di Bukit Mangkang.   Kecuali jika aku menjadi saksi pembantaian itu bukan? Kurasa akulah satu-satunya saksi yang masih hidup. Waktu peristiwa itu terjadi aku berusia 17 tahun dan pandanganku—meski terhalang hujan yang turun terus-menerus—masih sangat waras. Aku masih remaja penasaran dan ingin tahu segala yang terjadi. Meskipun menyaksikan dengan gemetar, aku masih bisa membedakan siapa yang ditembak, siapa yang menembak. Aku masih bisa memergoki beberapa jip dan truk yang mengusung perempuan-perempuan malang yang hendak dibantai di tengah hutan, masih bisa m

Selamat Tinggal

www.pinterest.com “Jadi kau benar-benar akan meninggalkanku? Kau sungguh tega?” suaramu sungguh terdengar kacau. Hatiku pedih. Rambut hitam lurusmu yang mulai menutupi leher terlihat acak-acakan. Namun, wajahmu masih terlihat tampan, meski sendu memenuhi setiap garis-garis wajahmu. Kauusap wajahmu kemudian memandangku yang terdiam dengan tajam. Aku menunduk, mencoba mengalihkan tatapan elangmu yang kini mungkin terlihat sedikit layu. Aku masih terdiam, sunyi di antara kita. Aku sudah bulat dengan keputusanku ini. Meski aku menyayangimu, sungguh, keputusan ini harus kuambil. Aku mungkin terlihat bodoh, meninggalkan semua kenyamanan ini dengan alasan yang “tidak masuk akal.” Namun, aku adalah aku. Tak akan kuijinkan oranglain mengontrol hidupku seolah-olah tidak bisa hidup tanpanya. “Baiklah, kalau kaumemang sudah memutuskan itu. Aku bisa apa. Meski katamu kau menyayangiku.” Suaranya terdengar parau. Tangan kanannya mengaduk-aduk secawan es campur, menyendoknya perlahan,