Skip to main content

TERIMAKASIH ATAS APRESIASI TERHADAP CERPEN PERANG

www.4muda.com

Meski nggak ada yang ingin tahu latar belakang saya dalam membuat cerita berjudul perang dalam Bahasa jawa, tetapi kali ini saya akan sedikit menjelaskan latar belakang mengapa cerpen perang itu akhirnya tercipta.

Akhir-akhir ini cerpen-cerpen ataupun puisi yang saya tampilkan di blog adalah cerpen sekali jadi tanpa endapan. Saya biasa membuatnya diantara waktu istirahat makan siang. Entah mengapa akhir-akhir ini justru saya merasa buntu untuk menyelesaikan tulisan dengan ide yang sudah terlebih dulu saya ramu. Namun justru cerpen-cerpen yang spontanitas itu saya rasa lebih baik darpada empat cerpen saya yang gagal saya selesaikan dan sekarang masih mengendap di folder pribadi.

Ide awal cerpen itu sebenarnya akan saya buat dalam Bahasa Indonesia. Tetapi kemudian terbersit di hati saya, jika ingin membuatnya dalam Bahasa jawa. Saya juga ingin menguji kemampuan saya dalam berbahasa Jawa mengingat saya yang sudah terlalu lama merantau, dikelilingi dengan teman-teman yang selalu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia, di tambah suami saya juga bukan orang Jawa, maka keseharian Bahasa yang saya gunakan adalah Bahasa Indonesia. Dan saya tidak menyangka bisa menyelesaikan cerpen perang tersebut.


Saya juga teringat dulu masa-masa kecil, ayah saya selalu membawakan majalah Djaka Lodhang. Majalah berbahasa jawa yang selalu saya ulang-ulang membacanya jika stok bacaan tidak ada.

Sebenarnya ide tulisan tersebut amat sangat sederhana. Dan saya yakin jika saya harus menulisnya menggunakan Bahasa Indonesia, maka saya harus bisa memolesnya sedemikian rupa hingga endingnya bisa terasa “WOW”.

Ketika saya selesai publish di blog, berbagai komentar positif muncul dari teman-teman komunitas ODOP. Tentu saja saya harus jujur jika saya merasa senang mendengar komentar  mereka. Pak Parto dan Kang Heru yang selama ini tulisannya lebih sering nguri-uri kebudayaan (jawa)  saya minta untuk memberi kritik dan saran. Kemudian teman-teman yang lain terutama yang tidak mengerti sama sekali Bahasa jawa, meminta saya untuk menuliskannya menggunakan Bahasa Indonesia.

Sebenarnya tidak mudah menceritakannya kembali dalam Bahasa ndonesia. Seharusnya Bahasa interpreter yang perlu di gunakan untuk menceritakannya kembali, bukan Bahasa translate. Karena akan mempengaruhi feel dari cerita itu sendiri. Namun karena keterbatasan kemampuan saya, saya coba membuatnya dalam Bahasa Indonesia. Dan saya berharap, paling tidak teman-teman yang tidak bisa mengerti Bahasa Jawa tahu maksud dari cerita Perang versi Bahasa jawa tersebut. Meski saya rasa, feelnya akan terasa jika kita mengerti Bahasa jawa. Karena saaat saya membuatnya, saya benar-benar menginajinasikan dalam suasana “jawa”.


Akhirnya saya hanya bisa mengucapkan terimakasih atas apresiasi teman-teman semua yang telah membaca tulisan saya, terutama cerpen perang ini. Sekali lagi terima kasih. Semoga saya dan teman-teman semua selalu bisa memberikan manfaat dari setiap tulisan yang  kita buat. Mari tetap kobarkan semangat untuk menulis tiap hari.

Batam 12.40 pm

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.