Skip to main content

KENDARAANKU

      
www.manimux.com
      Hari berganti begitu cepatnya. Detik waktu berlalu menggilas waktu. Ketika beranda facebook teman-temanku di penuhi pose -pose bahagia saat-saat liburan.
      Aku sesekali ingin menikmati hari. Berkeliling mengitari separuh bumi, atau bahkan seluruhnya. Ingin menginjakkan kaki ke negeri sakura lebih tepatnya. Menikmati gunung Fuji dan berbagai pemandian air hangat seperti yang terlihat di media.
Untuk kesana aku harus rela duduk di perut burung besi selama tujuh jam. Harus rela menghabiskan satu bulan gajiku hanya untuk membeli tiket setengah perjalanan, belum termasuk tiket kepulangan. Dua bulan gaji perlu ku habiskan hanya untuk dua lembar tiket perjalanan. Lalu bagaimana aku makan, membayar listrik, membayar kontrakan dan beberapa hutang yang harus dibayarkan?
Ah, untuk apa aku kesana? Sedang negeri sendiri belum semuanya kujelajahi. Bahkan ketika uang tabungan tak cukup untuk menambal uang makan, uang lstrik dan uang kontrakan. Hanya untuk beradu tanding menggugah foto selfie dinegara tempat liburan, agar di anggap kaya dan kekinian. Bahkan mungkin di negeriku sendiri ini masih banyak yag kelaparan dan tdak bisa berteduh dengan nyaman dari air hujan dan sengatan panas matahari yan tak tertahan.
Akhirnya kuseduhlah kopi hitam, diantara hatiku yang agak merana dalam kegalauan. Headset Samsung kusumpal di telinga, mendengarkan tembang-temban lawas di andoridku yang telah usang. Ku buka satu buku travelling setebal 300 halaman. Hadiah dari seseorang ketika aku memenangkan sebuah kuis, kuis dengan pertanyaan utnk menyebutkan sebuah impian disertai dengan sebuah alasan.
Kini aku berada di negeri tempat Lee Min Ho dilahirkan. Korea selatan. Negeri cantik tempat dilahirkannya artis-artis  dengan tampang yang menawan. Aku mengetahuinya setelah melihat drama korea yang kutonton disalahsatu saluran tv kemarin malam.
Ah buku memang menakjubkan, dia seperti pengganti burung besi yang bisa menerbangkan aku ke tempat impian. Atau setiap aku galau dengan kekinian yang semakin membuatku terlihat tidak rupawan, tiba-tiba buku bisa menerbangkanku melintasi benua. Ia langsung memberangkatkanku menerjang intas batas, menyeruduk berlaksa lintas waktu.
Orang dengan kemampuan bepergian terbatas sepertiku, kendaaranku adalah buku. (END)

#tulisan refleksi

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.