Skip to main content

MUSEUM LOUVRE


Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata Perancis? Mugkin yang terbayang pertama kalinya adalah Menara Eiffel yang menjulang tinggi dan kemudian tiba-tiba pun akan mengingat film Eiffel, I’m in love yang ber-setting di Menara Eiffel ini.
Namun, tulisan kali ini tidak akan membahas Menara Eiffel ataupun film Eifell, I’m in love. Karena selain Menara Eiffelya, Paris jug memiliki satu museum yang sangat tersohor di dunia, Museum Louvre.
Yuk kita coba berjalan-jalan kesana. Moga aja Jalan-jalan kita dalam tulisan ini kelak menjadi kenyataan untuk mengunjunginya secara langsung.
Museum Louvre adalah sebuah museum yang dibangun pada tahun 1973 merupakan salah satu museum seni yang memiliki berbagai macam koleksi, mulai dari seni lukis, seni pahat dan benda-benda kuno bernilai seni tinggi lainnya. Museum Louvre berdiri di atas tanah seluas 60.600 meter persegi. Koleksi yang dimiliki museum Louvre ini lebih dari 380.000 buah dan memamerkan lebih dari 35000 karya seni dari departemen kuratorial. (Sumber Wikipedia)
Bangunan piramida yang terbuat dari kaca berbentuk rangkaian belah ketupat berdiri megah dan nampak berkilaun seperti berlian jika diterpa cahaya tersebut merupakan pintu gerbang utama memasuki Museum Louvre. Kemudian langkah kita akan menuruni tangga-tangga yang berbentuk spiral menuju ruang utama. Ditengah-tengah tangga berbentuk spiral ini sebuah pilar berdiri kokoh. Tangga spiral ini mirip kayu-kayu bekas rautan yang meliuk liuk. Di ruang utama ini pengunjung bisa mendapatkan peta museum agar tidak tersesat karena begitu luasnya Museum Louvre.

Menatap piramida yang menjadi atap dari dalam ruang utama ini, pengunjung akan melihat rangkaian ratusan kaca belah ketupat seperti berlian. Dan tentunya pengunjung akan merasa betah berlam-lama, karena cahaya yang menerangi ruang utama ini nyaris selalu terang benderang karena sorot cahaya matahari yang langsung menerpa kaca piramida.

Di bagian gallery suny, pengunjung akan disuguhi lukisan-lukisan yang tertera di atap yang melengkung dan di dinding-dinding yang berjajar rapi dipisahkan oleh relief-relief yang megah di antaranya. Lantainya yang mengkilat seperti cermin dapat memantulkan lukisan-lukisan di atap yang berbentuk melengkung dengan sempurna. Dinding museum yang berwana kuning keemasan dengan relief yang mewah semakin menambah kesan bahwa pengunjung sedang berada di istana yang mewah dan megah.
Dari halaman luar sendiri, pada malam hari, museum ini semakin terlihat mewah dengan warna keemasan diterpa lampu-lampu penerangan. Pun ketika siang menjelang, Museum Louvre tampak kokoh berdiri dengan hiasan piramida tembus pandang yang mengkilap seperti berlian diterpa sinar matahari.

Siapkah kita jalan-jalan kesana? Namun perlu diingat, tak cukup sehari untuk menyelesaikan dan menikmati setiap ruang yang ada di Museum Louvre. Namun tak akan pernah rugi waktu mengunjungi museum yang memiliki koleksi – koleksi seni yang  lengkap dari dinasti ke dianasti ini. (end)


Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.