Skip to main content

Kamu Menemukanku

www.id.wikipedia.org
Aku tidak tahu bagaimana caranya kamu bisa menemukanku. Rasanya dunia sudah kukunci untukmu, agar kamu tidak bisa masuk lagi ke dalam duniaku. Tak ada lagi kontak mu di hapeku, di semua akun medsos.  Hanya namamu tersimpan di sini, di dalam hati. Namun, sudah lama kucoba menguburnya. Mengikuti berbagai macam komunitas, aktif di dalamnya. Hingga tak ada waktu lagi untuk memikirkanmu barang sesaat.
Tapi nyatanya, sosokmu pagi ini berdiri tegap di depan kamar kostku. Sesungging senyum hadir di wajahmu yang teduh. Pancaran binar bola matamu masih seperti dulu, menatapku hangat dengan kilatan cahaya penuh kasih dan keriduan. Sosok tinggi dengan potongan rambut tipis, lesung pipit yang menghias pipi jika kamu tersenyum, kaos oblong dibalut kemeja yang kancingnya kamu biarkan terbuka, celana jeans warna biru dan tas ransel warna hitam menghias punggungnmu. Aku terhenyak dan terpaku. Hingga aku lupa mempersilahkanmu duduk di beranda kamar kostku.
“Kenapa menghilang dariku?” tanyamu penuh rasa ingin tahu. Ada nada lara terdengar di sana, sedang iris matamu menghujam kearahku.
Aku bisu, tiada kata yang bisa mewakili perasaanku untuk menjawab pertanyaanmu yang terdengar sederhana. Aku lebih memilih menjawab soal Pythagoras dibandingkan menjawab pertanyaanmu ini. Aku hanya tertunduk, kuremas-remas jemariku bergantian.
“Aku kesini ingin memberikan ini padamu,” katamu sambil menyodorkan sebuah buku. Mataku menangkap namamu dan sebuah nama yang lain disana.
“Buku pertamamu?” tanyaku akhirnya, perlahan.
Kamu mengangguk.
“Selamat ya,” ucapku getir. Kamu hanya tersenyum dan memandangku.
Sunyi sejenak. Hanya terdengar deru mesin motor yang lalu lalang di  di depan rumah kost.
“Rim, kenapa kamu menghilang dariku? Bersyukur aku masih menyimpan alamat rumah yang pernah kamu berikan padaku dulu. Aku kemarin ke Yogja, dan kucari rumahmu. Ketemu sama ibu di sana.”
Aku hanya terdiam, kutimang-timang novel karyamu. Pikiranku mengembara mengingat persahabatan kita dulu yang begitu sempurna. Hingga kemudian sosok lain datang bagaikan sembilu yang setiap saat mampu merobek-robek hatiku. Aku terjatuh dan terjatuh. Sosokmu masih menawan di hatiku, namun kusembunyikan luka ini dari tatapanmu. Akhirnya hatiku memutuskan, aku tak mau sakit berulang kali. Kutinggalkan dirimu perlahan saat kamu sibuk menggarap sebuah proyek kepenulisan bersama dia yang juga ambil bagian.
Aku hanya menggeleng perlahan.
“Rima, aku akan menikah,” ujarmu tegas, tanpa ada nada ragu terdengar.
Kata-katamu tiba-tiba membuat hatiku remuk redam. Aku mendongak, mencari sebuah kebenaran dari sorot matamu. Kamu senyum  dan mengangguk.
“Selamat Ryan!” ucapku perlahan. Kusembunyikan beningan kristal yang hampir luruh menggenangi mataku. Mengalihkan pendangan dari wajahmu.

“Oya Rim, aku pamit ya. Suatu saat kita akan bertemu dan bersama lagi.”
Hatiku benar-benar terguncang. Jadi maksud kedatanganmu ini? Memberikanku sebuah novel, novel duetnya dengan seseorang yang sosoknya menggoreskan luka di hati. Dan mengabarkan rencana pernikahannya? Dengan wanita yang tertulis disampul novelnya kah? Sempurna sudah kisah hidupku dengannya.
Aku hanya bisa menatap punggungmu yang beranjak perlahan meninggalkan teras dengan pilu. Kisah kita mungkin harus berakhir. Namun, tiba-tiba kamu berbalik dan berdiri di depanku. Tatapan matamu bagai elang yang menggetarkan dadaku.
“Rima aku akan menikah denganmu. Ibu sudah memberi restu. Jangan pernah tinggalkan aku lagi. Karena aku akan menemukanmu! (end)

#tulisan kopong

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.