Skip to main content

Bullying? No way!

www.pixabay.com
Siang ini berita pembullying-an yang dilakukan oleh generasi muda yang masih berstatus mahasiswa dan pelajar menjadi viral di dunia pemberitaan.
Satu berita pembullyan yang dilakukan oleh tiga orang mahasiswa di Universitas Gunadarma terhadap salah satu mahasiswa berkebutuhan khusus.
Satu lagi berita pembullyan yang dilakukan oleh pelajar kelas enam SD yang di lakukan di sebuah mall di Jakarta, pada saat kejadian masing-masing korban dan pelaku masih lengkap mengenakan seragam sekolahnya.
Bullying adalah melakukan penindasan terhadap orang lain dan dilakukan dengan sengaja dengan maksud membuat orang lain menderita.
Perlu dipertanyakan mengapa saat ini marak sekali terjadi pembullyan, terlebih dilakukan di kalangan intelektual dan parahnya lagi dilakukan oleh anak-anak yang masih di bawah umur (Pelajar SD). Perlu tindakan preventif dan juga perhatian khusus, mencari akar masalah hingga kejadian ini tidak terjadi lagi di masa datang, minimal mengurangi prosentase kejadiannya.
Bullying sendiri akan sangat berdampak negatif terhadap korban antara lain akan membuat korban menjadi stress, menjadi tidak percaya diri, menimbulkan ketakutan ataupun trauma yang berlebih  dan lebih buruk lagi memungkinkan korban melakukan tindakan bunuh diri.
Namun yang lebih penting, kita perlu mengetahui latar belakang seseorang melakukan bullying. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang melakukan penindasan terhadap orang lain, antara lain kurang kasih sayang atau perhatian dari orangtua, pengaruh lingkungan antara lain teman yang mempunyai kelakuan buruk atau bisa juga dari media seperti film, tayangan televisi, permainan game yang berhubungan dengan kekerasan. Salah satu contoh tayangan film adalah tayangan drama korea yang mulai sering digandrungi oleh remaja-remaja, sehingga remaja-remaja kita menganggap jika bullying adalah sesuatu yang keren, karena bisa menunjukkan kekuatan atas dirinya, bangga ketika orang lain tunduk dan takut kepadanya. Dua contoh drama Korea yang begitu legendaris dan cerita di dalamnya dominan dengan bullying adalah BBF Boys before Flower dan The Heirs.
Pada kenyataannya tanggung jawab agar anak kita atau agar generasi muda tidak melakukan bullying adalah orang tua ataupun orang terdekat dari mereka. Hal-hal sederhana yang orang tua lakukan antara lain:
1. Selalu memberikan apresiasi, pujian ataupun memberikan kado kecil terhadap apa yang anak raih sehingga membuat anak semakin meningkat kepercayaan dirinya dan anak pun akan melakukan hal yang sama terhadap sesamanya.
 2. Selalu usahakan meluangkan waktu kepada anak, malakukan perbincangan dua arah, alih-alih bisa menjadikan hubungan itu seperti hubungan sahabat sehingga anak dengan mudah akan menceritakan semua yang dia rasa dan pikirkan. Sehingga orangtuapun dapat mudah mengetahui siapa saja yang menjadi teman dekat anak.
3. Memberikan contoh untuk selalu bersikap baik meskipun dalam keadaan marah ataupun tidak suka.
4. Memberikan pengertian kepada anak jika manusia itu diciptakan sama. Sehingga anak tidak merasa bahwa dirinya lebih tinggi derajatnya dibandingkan orang lain.
Nah, mungkin hal-hal kecil di atas bisa membantu  mencegah anak melakukan bullying kepada sesamanya.Karena tanggung jawab anak yang pertama adalah orangtua ataupuan keluarga, maka mari ciptakan keluara yang kondusif untuk menciptakan karakter baik kepada anak. pada akhirnya kemudian kita semua bisa mengatakan "Bullying? No Way!(end)

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

KETIKA KOST-KOSTAN ODOP MEREDUP

Dua hari ini kost-kostan ODOP sepi dan halaman rumahnya tampak redup.

Sepertinya para penghuninya sedang kecapekan, atau jangan-jangan mereka lagi pulang kampung. Padahal biasanya kost-kostan ODOP ini ramai sekali. Bahkan hingga tengah malam ada saja saja yang di bicarakan. Mulai dari film, membicarakan tentang cerpen, tentang hati yang galau dan ada juga adegan srimulat antara mak beti sama sama anaknya si beti.
Namun dua hari ini tampaknya banyak anak-anak kost ODOP yang kecapekan. Maklumlah, penghuni kost-kost an ODOP ini kan beragam. Dari anak SMA, anak kuliahan, karyawan tulen baik swasta maupun PNS, karyawan yang nyambi kuliah, ibu-ibu rumah tangga, ibu-ibu rumah tangga yang nyambi kerja, dan bapak-bapak rumah tangga. Kalau bapak-bapaknya sudah pasti kerja lah ya.
Padahal meskipun dari berbagai macam profesi itu jika mereka sedang bersatu semuanya bisa nyambung dan klop deh. Rasa-rasanya kost-kostan ODOP ini yang paling rame dan nggak akan ada matinya.
Akhir-akhir ini bapak kost…