Skip to main content

Penghuni Baru

www.kandhani.net
Jemari-jemari lentikmu menggenggam calon penghuni baru. Ruang sempit ini kamu jejali lagi dengan satu sosok baru. Penghuni baru kali ini ukurannya lebih kecil dibandingkan semua penghuni lama. Meski menambah sesak, namun merupakan kebahagiaan sendiri bagi penghuni lama karena mereka yakin jika akan mendapatkan cerita yang menakjubkan darinya.
 Para penghuni ruangan ini mempunyai berbagai macam cerita, berbeda warna dan tentu saja mempunyai latar belakang yang tidak sama sehingga mereka terdampar di ruangan ini. Kamu yang menyatukan mereka di ruang yang jarang kamu sapa. Para penghuni hanya bisa menatapmu, yang sosokmupun jarang mereka jumpa. Meski begitu, di suatu waktu di akhir minggu, kamu akan menghabiskan waktu dengan mereka, itu membuat mereka merasa bahagia karena akan ada kesempatan untuk bersamamu barang semenit saja.
 Hari-hari menunggumu, mereka habiskan untuk saling bertukar cerita. Tentu saja kali ini giliran penghuni baru yang harus bercerita. Mereka terdiam menunggu cerita yang selalu terdengar menakjubkan dan membuat mereka membayangkan dunia yang begitu luas dengan penuh aneka rupa penghuninya.
“Aku dikirim oleh seorang wanita. Aku terbang melintasi laut dan harus berpisah dengannya yang masih berada di pulau seberang sana,” penghuni baru memulai sebuah cerita. Penghuni lama dengan seksama mendengar ceritanya.
“Kamu dengarkah degub jantung wanita itu ketika akan mengirimmu ke sini?” tanya penghuni lama yang berwana hitam dengan gambar kereta di depannya.
“Iya, degubnya begitu berbeda. Sepertinya lebih kencang daripada biasanya. Iya, iya…aku paham karenanya. Dia mengirimku karena satu alasan yaitu cinta,” penghuni baru menggumam sendiri menyadari alasan sebenarnya hinga dia sampai di ruangan ini bersama dengan para penghuni lama.
Penghuni lama masih mendengarkan ceritanya. Cerita yang sungguh menakjubkan, tentang seseorang yang begitu mencintai kertas-kertas berisi cerita, hingga dunianya hanya antara kertas-kertas yang penuh cerita.
“Kalau aku mempunyai cerita tentang cinta. Cinta yang begitu lembut, begitu romantis. Namun, tetap realistis,” suara penghuni lama berwaran merah jambu bersuara ketika penghuni baru selesai bercerita.
“Kalau aku mempunyai bercerita tentang nasehat-nasehat, cerita pengobat luka agar manusia tidak putus asa,” suara penghuni lama berwarna putih dengan gambar seornag lelaki berkopiah di depannya.

Tiba-tiba mereka semua terdiam, ketika kamu mendekat dan mengambil penghuni baru, melenggang dan menghilang dari penglihatan. Berhari-hari penghuni baru tak kembali. Meski ada rasa iri, tapi mereka menyadari jika penghuni baru di kirim oleh seorang wanita dengan degub di dada yang berbeda untuk kamu. Degub itu mengalunkan nada cinta. Meskipun tanpa kamu tahu, para penghuni lama juga dikirim dari wanita yang mempunyai degub dada yang berbeda, mengalunkan nada cinta. Cinta untuk kamu. (end)

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.