Skip to main content

Goldenways

sumber:www.kartun.co

Selalu ada goldenways setiap kita bersama. Kita duduk berdua, kemudian mulutmu berbuih menceritakan perjalananmu ke berbagai negara. Aku tak pernah menganggap sombong ketika kamu menceritaka setiap perjalananmu, karena justu dari kamulah aku bisa berjalan-jalan ke berbagai negara dan membayangkan betapa amazingnya andai kita bisa mengenal budaya dari berbagai negara secara langsung.
“Kamu tahu berapa ukuran sewa tanah di negeri korea untuk tanah seluas bujur tubuh kita?”. 500 ribu, terkaku. Kamu menggeleng. Satu juta duaratus, terkaku lagi. Kamu menggeleng. Sepuluh juta, kamu menjawab sambil menatapku jenaka. Mulutku ternganga. Kamu mengangguk pasti.
“Rencanakanlah perjalanan ke negeri-negeri orang. Kamu akan belajar banyak dari setiap perjalananmu,” nasehatmu kemudian. Travelling adalah impianku. Tapi membayangkan gajiku yang tidak seberapa, aku bisa menghitung uang tabunganku dalam setahun.
“Mengenal budaya negara lain lewat bacaan itu bagus, tapi akan lebih bagus lagi ketika kamu bisa mengenal budaya mereka secara langsung, mengenal karakter mereka yang terkadang membuat kita kesal,” nasehatmu lagi. Aku hanya mengangguk dan semangatku tumbuh untuk bisa bepergian ke berbagai negara suatu hari nanti.
Kemudian suatu hari aku mengadukan padamu tentang kegagalan karirku. Seperti biasa nasehatmu selalu menguatkanku. Kamu dengan santai berkata, ”Mungin kamu saat ini merasa menjadi yang terburuk, tetapi percayalah masih ada orang yang nasibnya lebih buruk dari kamu, meski masih banyak juga orang yang nasibnya lebih baik darimu. Kita syukuri dan kita perbaiki agar semuanya lebih baik dari saat ini.”
Itulah nasehat terakhirmu yang kuingat hingga kini. Nasehat yang tak pernah kulupa. Tahukah kamu jika yang kamu nasehatkan itu benar adanya? Kemarin seorang teman datang padaku, tiba-tiba dia memelukku dan menyandarkan tangisnya di pundakku. Aku tertegun saat itu. Setelah isaknya reda, dia bercerita jika rumahtangga yang dibangunnya sudah tidak seindah istana. Lelakinya bermain api. Ini bukan sekalinya dia bercerita. Sudah lebih dari hitungan jari tangan kananku.  Coba kamu bayangkan bagaimana perasaanmu jika selain bermain api, pasangan juga menjelek-jelekkan dirimu di hadapan khalayak ramai? Di akun grup alumni sekolah pasangan hidupmu? Kemudian teman-teman pasangan hidupmu itu menanyakan langsung kepadamu tentang kebenaran dari berita yang dibawa pasangan hidupmu, bagaimana perasaanmu? Bahkan aku yang mendengarnya saja murka. Ingin kubawa martil ataupun golok untuk mencincangnya. Sungguh tega.
Akupun terdiam mendengar ceritanya, betapa perih apa yang dialaminya, kemudian pikiranku melayang pada nasehatmu, melayang pada kehidupanku. Betapa aku harus mensyukuri segala apa yang dititipkan Tuhan kepadaku. Lelaki yang mencintaiku apa adanya, anak-anak yang selalu membuatku tertawa, pekerjaan yang begitu kusuka, teman-teman yang mencintaiku sepenuh jiwa. Tak perlu bukan aku mengeluhkan apa yang tidak kupunya?

Kini aku rindu padamu lagi, rindu dengan segala goldenwaysmu dan juga cerita dalam setiap perjalananmu -terakhir kabarmu, kamu sedang melakukan perjalanan ke Phuket, Thailand-. Kutunggu ceritamu. (end)

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.