Skip to main content

REVIEW BUKU MENGAPA ANAK SAYA SUKA MELAWAN DAN SUSAH DIATUR

Koleksi Pribadi

Judul Buku       : Mengapa anak saya suka melawan dan susah di atur, 37 kebiasaan orang tua yang menhasilkan perilaku buruk pada anak
Penulis             : Edi Mulyono (Ayah Edi)
Penerbit           : PT Grasindo
Kategori           : Parenting
ISBN                 : 978-9790252561
Tebal                : Vii + 120 halaman
Cetakan          : kelima, Mei 2008

Saya merasa buku ini sangat penting untuk dibaca bagi calon orangtua dan juga para orang orangtua. Meski saya belum sempurna juga mendidik anak-anak saya, saya hanya ingin cerita bahwa pengetahuan yang saya miliki dari hasil membaca buku ini dan kemudian diterapkan sangat berdampak luar biasa pada anak-anak saya. Buku yang berisi kebiasaan buruk kita sebagai orang tua namun mungkin sudah dianggap umum oleh masyarakat sekitar. Namun efek dari kebiasaan buruk ternyata dampak negatifnya sungguh luar biasa.

KEBIASAAN 1 RAJA YANG TAK PERNAH SALAH
Sewaktu anak kita masih kecil dan belajar jalan, tidak jarang tanpa sengaja mereka menabrak kursi atau meja. Lalu mereka menangis. Umumnya, yang dilakukan oleh orang tua supaya tangisan anak berhenti adalah dengan memukul kursi dan atau meja yang tanpa sengaja mereka tabrak. Sambil mengatakan, “Siapa yang nakal ya? Ini sudah papa/mama pukul kursinya/mejanya..sudah cup..cup diem ya..Akhirnya si anak pun terdiam.

Ketika proses pemukulan terhadap benda-benda yang mereka tabrak terjadi, sebenarnya kita telah mengajarkan kepada anak bahwa ia tidak pernah bersalah.

Lalu, apa sebaiknya yang kita lakukan ketika si anak yang baru belajar berjalan menabrak sesuatu sehingga membuatnya menangis? Yang sebaiknya kita lakukan adalah ajarilah ia bertanggung jawab atas apa yang terjadi; katakanlah padanya (sambil mengusap bagian yang menurutnya terasa sakit):”Sayang, kamu terbentur ya. Sakit ya? Lain kali hati-hati ya, jalannya pelan-pelan saja dulu supaya  tidak terbentur lagi.

Kebiasaan 2 Berbohong kecil dan sering 

Tanpa sadar kita sering memohongi anak untuk untuk menghindari keinginanya. Salah satu contoh yang saat kita terburu-buru pergi ke kantor di pgi hari, anak kita meminta ikut atau berkeliling perumahan. Dan kita sering mengalihkan perhatian dengan mengatakan, “Papa/mama hanya sebentar kok, hanya ke depan saja ya, sebentar saja ya sayang.”

Dampak dari bohong kecil ini ternyata dampaknya sangat besar. Anak tidak percaya lagi sama kita. Anak tidak bisa membedakan pernyataan kita yang bisa dipercaya atau tidak. Akibat lebih lanjut anak menganggap semua yang di ucapkan oleh orang tuanya adalah bohong.

Yang sebaiknya kita lakukan adalah jujur kepada anak. Ungkapkan dengan penuh kasih dan perhatian,”Sayang, Papa/mama mau pergi ke kantor. Kamu tidak bisa ikut. Tapi kalo Papa/mama ke kebun binatang, kamu bisa ikut.”

Pastikan kita selalu jujur dalam mengatakan sesuatu. Anak akan memahami  dan menuruti yang kita katakan.


(bersambung)

Comments

  1. Seri ayah edi tinggal ini aku yang belum punya koleksinya...

    ReplyDelete
  2. Seri ayah edi tinggal ini aku yang belum punya koleksinya...

    ReplyDelete
  3. Jadi pnasaran sama lnjutanny..kirain sampe slesai..hehehe

    ReplyDelete
  4. kerenn lumayan buat belajar parenting haha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

sumber:www.bbc.co.uk I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal. Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya. Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat

Mengulas Cerpen Penguburan Kembali Sitaresmi

sumber:www.weknowyourdreams.com Cerpen karya penulis ternama Triyanto Triwikromo ini bercerita tentang salah satu cuplikan kejadian di tahun 1965. Tentang pembantaian para wanita yang dituduh sebagai anggota Gerwani (salah satu gerakan wanita milik PKI) Cerpen ini berkisah dari sudut pandang seorang saksi yang melihat kejadian pembantaian 24 wanita yang dituduh sebagai Gerwani yang juga di sebut sebagai pembantaian di Bukit Mangkang.   Kecuali jika aku menjadi saksi pembantaian itu bukan? Kurasa akulah satu-satunya saksi yang masih hidup. Waktu peristiwa itu terjadi aku berusia 17 tahun dan pandanganku—meski terhalang hujan yang turun terus-menerus—masih sangat waras. Aku masih remaja penasaran dan ingin tahu segala yang terjadi. Meskipun menyaksikan dengan gemetar, aku masih bisa membedakan siapa yang ditembak, siapa yang menembak. Aku masih bisa memergoki beberapa jip dan truk yang mengusung perempuan-perempuan malang yang hendak dibantai di tengah hutan, masih bisa m

Selamat Tinggal

www.pinterest.com “Jadi kau benar-benar akan meninggalkanku? Kau sungguh tega?” suaramu sungguh terdengar kacau. Hatiku pedih. Rambut hitam lurusmu yang mulai menutupi leher terlihat acak-acakan. Namun, wajahmu masih terlihat tampan, meski sendu memenuhi setiap garis-garis wajahmu. Kauusap wajahmu kemudian memandangku yang terdiam dengan tajam. Aku menunduk, mencoba mengalihkan tatapan elangmu yang kini mungkin terlihat sedikit layu. Aku masih terdiam, sunyi di antara kita. Aku sudah bulat dengan keputusanku ini. Meski aku menyayangimu, sungguh, keputusan ini harus kuambil. Aku mungkin terlihat bodoh, meninggalkan semua kenyamanan ini dengan alasan yang “tidak masuk akal.” Namun, aku adalah aku. Tak akan kuijinkan oranglain mengontrol hidupku seolah-olah tidak bisa hidup tanpanya. “Baiklah, kalau kaumemang sudah memutuskan itu. Aku bisa apa. Meski katamu kau menyayangiku.” Suaranya terdengar parau. Tangan kanannya mengaduk-aduk secawan es campur, menyendoknya perlahan,