Skip to main content

Apakah Garam Penting Bagi Hidupmu?

www.pixabay.com
Beberapa hari terakhir ini wacana kelangkaan garam menjadi perhatian pemerintah dan telah menjadi masalah yang cukup serius. Salah satunya hal ini di sebabkan karena gagal panen petani garam, terutama di daerah Jawa Timur sebagai sentra penghasil garam di Indonesia. Pihak perusahaan PT Garam sebagai satu-staunya perusahaan yang mempunyai ijin lisensi impor garam konsumsi hingga saat ini juga mengalami kesulitan mendapatkan garam yang mengandung NaCl di bawah 97%.
Setelah kita resapi tentang permasalahan garam ini, ternyata garam yang mungkin kita anggap sepele, sesuatu yang di pasaran harganya murah, tetapi sangat penting bagi kehidupan kita. Coba lihat, ibu-ibu di dapur akan kebingungan jika kehabisan garam. Mereka akan pontang-panting mencari ke warung, jika warung ataupun pasar tidak tersedia lagi stok, maka ibu-ibu dengan muka tebal akan mengetuk pintu rumah tetangga barangkali berkenan berbagi garam walaupun hanya sesendok makan saja.
Ada alasan mengapa ibu-ibu mau bertebal muka minta berbagi garam dengan tetangganya karena tanpa garam, masakan yang mereka masak akan terasa tawar. Itu artinya masakan itu tidak akan di sentuh dan akhirnya hanya terbuang percuma. Itulah pentingnya garam sebagai penyempurna kelezatan makanan. Sama halnya jika masakan itu kelebihan takaran garam, masakan akan terasa asin dan juga tidak lezat untuk di nikmati.
Begitu juga garam kehidupan. Pernah mendengar bukan istilah makan asam garam kehidupan? Istilah yang mempunyai makna telah memiliki berbagai macam pengalaman hidup, suka dan duka. Asam garam kehidupan sangat penting bagi kehidupan kita, ia berfungsi membuat kita belajar dari pengalaman yang ada sehingga kita tidak salah jalan ketika menemui suatu masalah dalam kehidupan.
Garam kehidupan dan garam sesungguhnya, dua-duanya termasuk bahan pokok untuk menjalani kehidupan. Garam kehidupan adalah bukti bahwa kita berani mengambil suatu langah untuk maju ke depan dan ketika menemui kegagalan hal itu di jadikan sebagai pengalaman hidup untuk bekal kehidupan selanjutnya.
Sedangkan garam sesungguhnya, modal para Chief baik Chief restoran maupun chief rumahtangga dalam mengolah masakan menjadi masakan yang lezat untuk di santap para tamu restoran maupun anggota keluarganya. Tanpa garam setiap masakan akan hambar, pasangan hidup akan lebih sering mencari makanan diluar rumah, cinta berangsur hilang hanya karena urusan perut. Sangat memprihatinkan.
Jadi jangan remehkan keberadaan garam, garam sesungguhnya membuat kestabilan rumah tangga terjaga sedang garam kehidupan membuat kita semakin dewasa dan menjadi manusia arif untuk melanjutkan hidup setelahnya. (end).

# beberapa kutipan diambil dari liputan6.com
#Tugas Kelas Non Fiksi 2

Comments

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

sumber:www.bbc.co.uk I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal. Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya. Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat

Mengulas Cerpen Penguburan Kembali Sitaresmi

sumber:www.weknowyourdreams.com Cerpen karya penulis ternama Triyanto Triwikromo ini bercerita tentang salah satu cuplikan kejadian di tahun 1965. Tentang pembantaian para wanita yang dituduh sebagai anggota Gerwani (salah satu gerakan wanita milik PKI) Cerpen ini berkisah dari sudut pandang seorang saksi yang melihat kejadian pembantaian 24 wanita yang dituduh sebagai Gerwani yang juga di sebut sebagai pembantaian di Bukit Mangkang.   Kecuali jika aku menjadi saksi pembantaian itu bukan? Kurasa akulah satu-satunya saksi yang masih hidup. Waktu peristiwa itu terjadi aku berusia 17 tahun dan pandanganku—meski terhalang hujan yang turun terus-menerus—masih sangat waras. Aku masih remaja penasaran dan ingin tahu segala yang terjadi. Meskipun menyaksikan dengan gemetar, aku masih bisa membedakan siapa yang ditembak, siapa yang menembak. Aku masih bisa memergoki beberapa jip dan truk yang mengusung perempuan-perempuan malang yang hendak dibantai di tengah hutan, masih bisa m

Selamat Tinggal

www.pinterest.com “Jadi kau benar-benar akan meninggalkanku? Kau sungguh tega?” suaramu sungguh terdengar kacau. Hatiku pedih. Rambut hitam lurusmu yang mulai menutupi leher terlihat acak-acakan. Namun, wajahmu masih terlihat tampan, meski sendu memenuhi setiap garis-garis wajahmu. Kauusap wajahmu kemudian memandangku yang terdiam dengan tajam. Aku menunduk, mencoba mengalihkan tatapan elangmu yang kini mungkin terlihat sedikit layu. Aku masih terdiam, sunyi di antara kita. Aku sudah bulat dengan keputusanku ini. Meski aku menyayangimu, sungguh, keputusan ini harus kuambil. Aku mungkin terlihat bodoh, meninggalkan semua kenyamanan ini dengan alasan yang “tidak masuk akal.” Namun, aku adalah aku. Tak akan kuijinkan oranglain mengontrol hidupku seolah-olah tidak bisa hidup tanpanya. “Baiklah, kalau kaumemang sudah memutuskan itu. Aku bisa apa. Meski katamu kau menyayangiku.” Suaranya terdengar parau. Tangan kanannya mengaduk-aduk secawan es campur, menyendoknya perlahan,