Skip to main content

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS

Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.
Novel ini mengambil tokoh sebuah keluarga yang terdiri atas Mabel, Mace (menantu Mabel), Leksi, Pum dan Kwee. Dua yang terakhir adalah binatang piaraan mereka, anjing dan babi. Leksi di ceritakan seorang gadis kecil yang cerdas, yang karena kecerdasan atau keluguannya sebagai anak kecil tergambar seperti sebuah kritikan bagi pemerintahan bangsa ini. Seperti ketika Leksi menceritakan kondisi sekolahnya yang dindingnya terbuat dari papan kayu yang sudah berlubang-lubang, atapnya yang dari seng yang sudah berlubang sehingga Leksi bisa menatap matahari, kemudian mereka harus berhimpitan dalam satu bangku kecil yang kadang harus di isi sampai 5 murid. Atau keluguan-keluguan lainnya yang membuat kita tersenyum ketika kita membacanya.
            Kemudian Mabel, mabel ini adalah juga seorang yang cerdas. Kecerdasannya di dapat saat dia menjadi pembantu di sebuah keluarga asing yaitu Tuan Piet dan Nyonya Hermine. Di sana mabel bia mempelajari berbagai benda elektronik--yang bagi penduduk sukunya sangat asing—seperti kulkas, oven, sepeda dan lain-lain. Satu lagi kesukaan Mabel, bahwa dia sangat gemar membaca. Dengan membaca inilah Mabel menjadi wanita yang cerdas dan berwawasan luas. Dan mabel merasa beruntung karena menjadi pembantu di keluarga asing ini karena dia mendapat berbagai pengalaman ketika tuannya harus berpindah kota. Mungkin di seusianya --yang waktu itu masih belasan-- jika masih tinggal di sukunya, Mabel sudah di kawinkan. Namun karena kecerdasan dan masa lalunya yang pernah tinggal dengan warga asing ini mabel sering di curigai sebagai pemberontak sehingga pernah tangkap meski akhirnya di bebaskan. Hingga kemudian akhirnya ketika ada pilkada di daerah itu dan seseorang yang bagi Mabel adalah penjilat-Pace Gerson- menjebaknya hingga akhirnya ia di tangkap dan di siksa.
            Mace adalah menantu mabel yang di campakkan suaminya karena pernah diperkosa oleh dua orang lelaki asing ketika pulang dari berkebun di suatu siang. Mace adalah mama leksi yang mempunyai pemikiran tidak jauh berbeda dengan mabel.
            Pum dan Kwee adalah binatang piaraan keluarga itu. Pum adalah seekor anjing yang usianya seusia mabel. Dari kecil Pum sudah menemani Mabel, sehingga digambarkan ikatan batin Pum dan Mabel sangat erat. Sedangkan Kwee adalah seekor babi  sahabat Leksi. Pum dan Kwee meskipun mereka terlihat akur namun dalam hati mereka memiliki rasa iri satu sama lain.
            Novel ini di ceritakan dari sudut pandang Leksi, Pum dan Kwee. Yang menceritakan kehidupan mereka silih berganti. Membaca novel yang ditulis dengan apik ini seolah kita melihat kehidupan negeri kita pada umumnya. Dan novel ini sangat bagus untuk pencerahan pemikiran kita.****
TANAH TABU
Penulis            : Anindita S.Thayf
Penerbit          : Gramedia
Cetakan          : Pertama, Mei 2009

Tebal              : 240 halaman



#ODOP Weekend

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.