Skip to main content

Nasehat Bapak

sumber:www.pixabay.com

Tahun 2016 telah berlalu, tahun di mana aku bertemu dengan orang-orang hebat yang mempunyai semangat tinggi dalam dunia literasi, yakni keluarga ODOP.
Pada awal tahun ini, aku bertemu dengan seorang Bapak. Bapak yang dalam ceritanya selalu dekat dengan putra-putrinya, kehadirannya yang tiba-tiba membuatku jadi rindu bapak karena hampir 27 tahun lebih aku hidup tanpanya. Bapak hadir seperti hadiah pada ulang tahunku yang ke sekian kalinya.
Apa rencana Allah mempertemukanku dengan Bapak ini? Mengalirlah nasihat-nasihatnya, nasihat yang sering disampaikan untuk putra-putrinya. Terutama, nasihat untuk anak pertamanya yang sudah bekerja.
Nasihatnya begitu menampar. Namun, sepertinya dia sosok yang direncanaan Allah untuk mengingatkan aku secara tidak langsung agar aku menjadi lebih baik pada tahun-tahun selanjutnya.
Berikut ini adalah beberapa nasihat yang sering diulang-ulang untuk putra-putrinya sekaligus nasihat yang pastinya tertuju untuk diriku juga.
1. Tidur lebih cepat dan bangun lebih awal. Kalaupun mau tidur tengah malam, gimana caranya bangun tidurnya tetep ga boleh telat.                       
2. Setelah subuh, jalan pagi ke sekitaran kompleks rumah. Nggak perlu lama-lama, 10-15 menit juga cukup soalnya tubuh aku rentan, apalagi kerjaku seharian duduk di depan komputer. Jadi, fisik harus tetap baik dan otak dijaga kenyamanannya.                       
3. Pulang kerja jangan biasain main hp lama-lama. Kenapa? Soalnya kerjaanku ini mantengin layar komputer seharian. Jadi, mata juga harus dijaga.                       
4. Jangan terlalu sering cuap-cuap atau chatting yang nggak penting. Batasin chatting per hari hanya beberapa jam. Biasakan ketagihan cuap-cuap­-nya ke Allah, bukan ke manusia.
5. Sosmed atau ponsel jangan menjadikan kita mendekatkan yang jauh saja, tetapi justru menjauhkan yang dekat. Artinya, harus lebih sering ngunjungin (silaturahim) ke rumah saudara, tetangga, dan yang lainnya.
6. Berapa lama aku bermain sosmed? Lebih banyakan mana sama waktu yang aku gunakan untuk menghafalkan Al-Qur’an? Bapak bilang, “Sebagai anak, nggak perlu ngasih orang tuamu duit yang banyak, pergiin haji, ngucapin kata ‘sayang’ setiap hari, menjadi orang terkenal (di bidang keahlian kita), ga perlu. Orang tua ga perlu itu. Kalau kamu sayang sama orang tuamu, hafalin Qur’an. Itu baru bikin orang tuamu bangga melebihi apapun. Bangganya orangtuamu itu juga bukan buat mereka sendiri. Bukan! Itu buat dirimu sendiri, buat akhiratmu.
7. Berangkat kerja jangan mepet waktu soalnya aku sudah mendapat kerjaan yang tidak jauh dari rumah, dan nyaman. Kata bapak, “Kamu harus banyak-banyak bersyukur. Kalau kamu keseringan berangkatnya mepet, lebih baik kamu nggak usah kerja lagi.”
8. Perempuan diciptakan sama Allah buat apa? Buat jadi istri, pasangan, partner laki-laki (suami). Tahukah kamu mengapa dikatakan neraka lebih banyak perempuan? Karena (istri) banyak yang tidak bersyukur dan tidak patuh sama suami. Mereka (perempuan atau seorang istri) lebih banyak dan lebih sering mengingat kejelekan suaminya, apalagi kalau lagi marah atau kesel, udah deh kebaikan-kebaikan dan pengorbanan-pengorbanan suami hampir dilupain semua, dan berujung mengingat hal-hal yang jeleknya saja.
 Bapak, terima kasih telah mengizinkan aku merangkum dari sekian banyak nasihat yang kauutarakan kepadaku. Semoga nasihat ini juga bermanfaat tidak hanya untukku, tetapi untuk semua yang membaca dan mempraktikkannya. Semoga pahala dari-Nya pun mengalir untukmu.



#Terimakasih Bapak Ijul

#Tulisan sudah dalam berbagai editan.

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.