Skip to main content

Kasihmu Sepanjang Masa

Google Search

“Bagaimana kabar anak anakmu?” suara serak di ujung telepon menanyakan kabar cucu-cucunya. Seperti biasa itulah pertanyaan pertama setiap ibu meneleponku. Paling sedikit sebulan sekali ibu meneleponku.
Ibu tak pernah menanyakan kapan rencana kepulanganku. Beberapa waktu lalu bahkan justru ibu yang mengunjungi kami. Oleh-oleh yang menggunung tak lupa dibawanya. Semua adalah makanan kesukaanku, tak lupa juga penganan kecil untuk cucu-cucunya.  Bahkan cabe, bawang merah dan beras pun dibawanya.
“Berat bu,” ucapku. Ibu hanya tersenyum dan kemudian berkata,”Aku nggak tiap hari datang kesini. Lagian di sini semua mahal. Nah itu beras hasil sawah, digiling di tempat Pak Marno. Kamu pasti seneng, berasnya pulen.”
Airmataku merembes melihat wajahnya yang berbinar bahagia bisa membawakanku makanan-makanan nostalgia. Kemudian hari-hari selanjutnya aku akan dibuat terdiam menyaksikan ibu memasak di dapur. Setiap hari tentu menunya berbeda. Ada lethok, masakan tempe busuk dicampur tahu plus santan kental. Ini salah satu makanan kesukaanku.  Lebih lezat lagi dimakan dengan sayuran hijau. Kemudian lodeh terung, sambal kerecek plus kentang, sayur brongkos, urap dan lain sebagainya. Semua terasa lezat dilidahku.
“Ibu tinggal disini saja ya. Kalau nanti bosen, ibu jualan nasi uduk di depan rumah,” tawaranku sebelum ibu pamit pulang. Baru dua minggu ibu tinggal di sini, tapi kampung halaman terasa memanggilnya.
“Nanti rumah bapakmu ngak ada yang ngurus, rubuh. Itu peninggalan paling berharga dari bapakmu. Dan juga si Bleki nggak ada yang ngasih makan.” Bleki adalah kucing hitam yang tinggal sama ibu.
Akhirnya pagi itu kami mengantarkan ibu ke bandara. Sebelum masuk ke ruang tunggu, ibu hanya berdoa semoga kami dimudahkan rizkinya sehingga bisa setiap saat menengoknya di Jogja.
Dari ibu aku banyak belajar, bahwa cintanya tak pernah mati untuk kami anak-anaknya. Ibu yang tak pernah mengharapkan apapun dari anak-anaknya kecuali anak-anaknya bahagia. Setiap dia kangen dengan anak-anaknya yang jauh merantau, dia sempatkan untuk terbang dan menengoknya. Aku hanya selalu berpikir, apakah hal yang telah kulakukan untuk membuat ibu bahagia? Sedang cintanya tak terhingga sepanjang masa. (end)

#Onedayonepost challenge

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next
I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail
Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal.
Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya.
Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat pesan. Pesan untuk tidak  berputus asa.
Seperti di Film Zootopia, Judy seekor…

REVIEW CINTA LAKI-LAKI BIASA

Judul Buku     : Cinta laki-laki Biasa Penulis            : Asma Nadia, dkk Penerbit         : Asma Nadia Publishing House Kategori         : Kumcer dewasa ISBN                : 978-602-9055-45-0 Harga             : Rp. 70.000 Tebal              : 243 halaman Cetakan I       : June 2016
Buku ini merupakan kumpulan cerpen pemenang lomba Cinta dalam aksara yang diadakan oleh Asma Nadia Publishing house.
Ada 18 buah cerpen termasuk salah satunya karya Asma nadia yang menjadi judul sampul yaitu Cinta Laki-laki biasa.
Seperti lomba itu sendiri yang mengusung tema tentang cinta,hampir keseluruhan cerita dari buku ini menampilkan tema cinta yang luar biasa, baik cinta terhadap keluarganya ataupun cinta terhadap pasangan hidupnya.

RESENSI NOVEL TANAH TABU

PERJUANGAN HIDUP WANITA DI LEMBAH EMAS
Novel karya Anindhyta S.Thayf ini adalah Novel Pemenang 1 sayembra novel DKJ 2008. Sebenarnya isi dari novel ini menggambarkan kehidupan bangsa Indonesia pada umumnya. Di tengah alam Indonesia yang kaya raya, rakyat Indonesia justru banyak yang tidak bisa menikmati manfaatnya. Seperti dalam novel ini yang mengambil latar suku Dani di sebuah pedalaman Papua, yang tidak jauh letaknya dengan perusaaan penambangan emas. Namun sayang diantara kekayaan emasnya masyarakat sekitarnya justru hidup jauh di bawah garis kemiskinan. Mereka hanya bisa memakan sagu dan betapa minimnya sarana pendidikan. Novel ini juga mengambarkan kehidupan keras yang harus di jalani para wanita  di suku itu yang harus rela menerima segala macam kekerasan suaminya seperti ditendang dan dipukul.