Skip to main content

CINTA DI HOTEL TRANSYLVANIA


Beberapa waktu yang lalu saya melihat berita pembunuhan disalah satu televisi swasta di Batam. Seorang suami tega membunuh istrinya di depan ketiga anaknya yang masih kecil (anak pertama berusia sekitar 8 tahun). Dari berita yang disampaikan, pembunuhan itu bermula dari cekcok antar keduanya. Sang suami tidak terima dengan perkataan istrinya, hingga kemudian si suami tega memukul dibagian kepala istrinya, yang berakhir dengan tewasnya sang istri. Meski pembunuhan ini tidak di rencanakan tetapi tetap saja menorehkan trauma dan kesedihan yang panjang bagi yang mendengar kisahnya, terlebih bagi ketiga anaknya.

Saya pun merasakan sedih yang luarbiasa. Tak pernah membayangkan jika itu terjadi dengan anak-anak saya. Trauma yang luar biasa pasti di rasakan ketiganya. Seorang ibu yang biasa menemani dan menyayangi mereka, harus pergi selama-lamanya dengan keadaan tragis. Dan yang lebih mengenaskan kejadian tragis itu dilakukan oleh orang yang seharusnya melindungi mereka, ayah kandung mereka sendiri, terlebih kejadian itu dilakukan di hadapan mereka.

Dan ketika ibu mereka harus dikubur untuk selama-lamanya, ayah mereka harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan mendekam di penjara seumur hidup atas perbuatannya.

Film Hotel Transylvania 1 dan 2, hmmm tiba-tiba saya mengingatnya setelah melihat kejadian ini. Hotel Transylvania, sebuah film horror (bagi saya nggak horror, justru lucu) karena karakter yang digunakan di dalam film ini adalah kaum zombie, drakula ataupun monster. Namun justru kesan yang ditampilkan dari film ini jauh dari kesan horror.


Apa hubungannya film ini dengan kejadian pembunuhan di atas? Film Hotel Transylvania memberikan banyak pelajaran, terutama kasih sayang seorang ayah terhadap anak. Bagaimana di dalam film ini, Darc begitu mencintai Malvis, putri satu-satunya. Hingga kemudian dibangunlah Hotel Transylania. Hotel Transylvania dibangun untuk melindungi Malvis dari mahluk yang bernama manusia. Darc mempunyai trauma masa lalu karena karena ibu Malvis terbunuh oleh manusia yang membakar kastil tempat tinggal Darc dulu.

Namun ternyata justru dikemudian hari Malvis jatuh cinta kepada manusia petualang bernama Johny dan akhirnya mereka menikah.

Setelah mereka menikah, mereka di karunia seorang putra. Dan merekapun mencintai putra mereka dengan sedemikian rupa. Meski mereka berasal dari dunia yang berbeda. Begitu juga dengan sang kakek, Darc, yang mencintai keluarga Johny -notabene keluarga manusia- dan cucunya dengan kasih sayang yang tulus.

Mengapa saya mengambil contoh film Transylvania sebagai contoh untuk kejadian ini? Karena dengan karakter dari kaum zombie, dracula dan monster, seharusnya mereka di gambarkan dengan mahluk buas yang tak kenal ampun. Namun justru disini mereka digambarkan sebagai mahluk yang kasih sayangnya luar biasa terhadap keluarga maupun terhadap saudara-saudara yang lainnya.

Seharusnya dengan mudah, Darc bisa membunuh Jhony ketika dia tersesat di Hotel Transylvania untuk pertama kalinya. Namun hal itu tidak dilakukannya.

Seharusnya sang ayah yang membunuh istrinya, membunuh ibu dari ketiga anak-anak itu mempunyai kasih sayang dan kesabaran yang luar biasa sebagai pemimpin keluarga, paling tidak seperti Darc di ilm Hotel Transylvania.

Dan sebagai seorang ayah dan pemimpin keluarga, laki-laki itu mempunyai kewajiban terhadap anak-anaknya antara lain:

-          Menyayangi dan bersikap lemah-lembut terhadapnya
-          Memberikan nafkah kepadanya
-          Memberikan kepadanya pendidikan yang baik
-          Menjadi tauladan yang baik bagi anak-anaknya
-          Melindungi anak-anak dari marabahaya dan sengsara
Dan kewajiban-kewajiban lainnya sesuai dengan ajaran agama (Islam)

Meskipun dari beberapa kewajiban diatas yang terdengar sangat sederhana, namun di dalamnya membutuhkan ilmu pengetahuan dan kepiawaian, sehingga anak-anak nyaman dan bahagia ketika berada di sisi ayah (orangtua).


Karena lelaki adalah pemimpin bagi keluarganya, pemimpin bagi anak dan istrinya, yang mempunyai peran utama untuk mewujudkan keluarga samara. Sehingga kejadian seperti diatas tidak terjadi di keluarga yang lain, dan tidak ada anak-anak yang menjadi korban dari kelakuan buruk orangtuanya. (END)

#tantangan artikel
#oneday one post


Comments

  1. Ngeriiii ya bund..

    Semoga kejadian seperti itu tdk terulang lagi, aamiin

    ReplyDelete
  2. mbak, itu film animasi ya. kirain seram, rupanya kocak ya heheheh

    ReplyDelete
  3. Kak wiiid luar biasaaa *meleleh aku bacanya.

    Sebaiknya walaupun ayah tiri juga harus punya rasa Kasih sayang juga kali ya kak untuk anaknya??

    ReplyDelete
  4. Setujuuu. Lelaki sebagai pemimpin, seharusnya Menjadi panutan

    ReplyDelete
  5. Setujuuu. Lelaki sebagai pemimpin, seharusnya Menjadi panutan

    ReplyDelete
  6. Eh? Iput kayanya belom nonton yang kedua deh. Baru ampe yang nyamperin johny di pesawat hehe.

    Kawid keren perumpamaannya😍

    ReplyDelete
  7. Aku justru penasaran sama filmnya, hihi

    ReplyDelete
  8. Saya suka film animasi kayak hotel translvania...lucu juga da plajaranny..

    ReplyDelete
  9. Setelah baca, kok jadi pengen lihat filmnya mba .. he

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BELAJAR DARI LAGU SHAKIRA, TRY EVERYTHING

sumber:www.bbc.co.uk I mess up tonight, I lost another fight I still mess up, but I’ll just start again I keep falling down, I keep on hitting the ground I always get up now to see what the next I won’t give up, no I won’t give in Till I reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try eventhough I could fail I won’t give up, no I won’t give in Till I Reach the end and then I’ll start again No I won’t leave, I wanna try everything I wanna try everything eventhough I could fail Potongan lirik lagu Shakira di atas sangat memotivas kita untuk tidak menyerah, mencoba sampai akhir. Kemudian mencoba lagi meski tahu mungkin akan gagal. Sudah berapa kali kamu kalah, berputus asa dan terpuruk, Kemudian merasa berat untuk bangkit lagi? Mungin bisa dengarkan lagu Shakira Try Everything dan memahami makna yang disampaikan dalam lagunya. Lagu ini merupakan soundtrack film Zootopia. Film yang juga keren dan sarat

Mengulas Cerpen Penguburan Kembali Sitaresmi

sumber:www.weknowyourdreams.com Cerpen karya penulis ternama Triyanto Triwikromo ini bercerita tentang salah satu cuplikan kejadian di tahun 1965. Tentang pembantaian para wanita yang dituduh sebagai anggota Gerwani (salah satu gerakan wanita milik PKI) Cerpen ini berkisah dari sudut pandang seorang saksi yang melihat kejadian pembantaian 24 wanita yang dituduh sebagai Gerwani yang juga di sebut sebagai pembantaian di Bukit Mangkang.   Kecuali jika aku menjadi saksi pembantaian itu bukan? Kurasa akulah satu-satunya saksi yang masih hidup. Waktu peristiwa itu terjadi aku berusia 17 tahun dan pandanganku—meski terhalang hujan yang turun terus-menerus—masih sangat waras. Aku masih remaja penasaran dan ingin tahu segala yang terjadi. Meskipun menyaksikan dengan gemetar, aku masih bisa membedakan siapa yang ditembak, siapa yang menembak. Aku masih bisa memergoki beberapa jip dan truk yang mengusung perempuan-perempuan malang yang hendak dibantai di tengah hutan, masih bisa m

Selamat Tinggal

www.pinterest.com “Jadi kau benar-benar akan meninggalkanku? Kau sungguh tega?” suaramu sungguh terdengar kacau. Hatiku pedih. Rambut hitam lurusmu yang mulai menutupi leher terlihat acak-acakan. Namun, wajahmu masih terlihat tampan, meski sendu memenuhi setiap garis-garis wajahmu. Kauusap wajahmu kemudian memandangku yang terdiam dengan tajam. Aku menunduk, mencoba mengalihkan tatapan elangmu yang kini mungkin terlihat sedikit layu. Aku masih terdiam, sunyi di antara kita. Aku sudah bulat dengan keputusanku ini. Meski aku menyayangimu, sungguh, keputusan ini harus kuambil. Aku mungkin terlihat bodoh, meninggalkan semua kenyamanan ini dengan alasan yang “tidak masuk akal.” Namun, aku adalah aku. Tak akan kuijinkan oranglain mengontrol hidupku seolah-olah tidak bisa hidup tanpanya. “Baiklah, kalau kaumemang sudah memutuskan itu. Aku bisa apa. Meski katamu kau menyayangiku.” Suaranya terdengar parau. Tangan kanannya mengaduk-aduk secawan es campur, menyendoknya perlahan,